Search

Fakta Tentang Turbulensi Pesawat Terbang Yang Perlu Anda Ketahui

Istilah Turbulensi sudah cukup familiar di telinga kita, apalagi bagi anda yang sudah sering menggunakan jasa maskapai penerbangan dalam melakukan perjalanan. Turbulensi adalah perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan goncangan pada badan pesawat, baik pesawat berbadan kecil maupun pesawat berbadan besar. Perbedaan tekanan yang terjadi bisa disebabkan oleh banyak hal. Turbulensi pada umumnya merupakan hal yang wajar. Hal pertama yang harus di lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik.

Beberapa fakta yang perlu anda ketahui tentang turbulensi:

  • Awan Penyebab Guncangan

Awan adalah gambaran keadaan udara dalam penerbangan. Salah satu jenis awan yang berbahaya adalah cumulonimbus. Awan cumulonimbus berbentuk seperti jamur yang menjulang tinggi dan besar secara vertikal. Pada bagian inti awan terdapat petir yang dapat menyebabkan terjadinya hujan lebat dan badai. Namun biasanya keberadaan petir ini berlangsung kurang lebih selama 20 menit. Biasanya awan ini sering dijumpai di kawasan tropis dan sering menjadi momok bagi dunia penerbangan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan penerbangan dan keselamatan penumpang serta kru di dalamnya.

  • Turbulensi Udara Cerah (Clear Air Turbulence/CAT)

Turbulensi udara cerah lebih ekstrim, sehingga anda harus mempersiapkan diri. Selalu gunakan sabuk pengaman dan jangan berdiri terlalu lama di dalam pesawat. Karena Turbulensi bisa terjadi kapan saja. Turbulensi udara cerah terjadi saat langit benar-benar bersih dan tidak berawan. Turbulensi udara cerah cenderung lebih berbahaya.

  • Turbulensi Bukan Penyebab Pesawat Jatuh

Banyak orang yang takut akan turbulensi, karena dianggap sebagai penyebab pesawat mengalami kecelakaan atau jatuh. Faktanya, pesawat sudah dirancang untuk menghadapi guncangan-guncangan tersebut. Tetaplah tenang di kursi penumpang, karena pesawat akan selalu seimbang saat mengalami turbulensi. Pilot akan memilih rute penerbangan terbaiknya untuk meminimalkan dampak dari turbulensi.

  • Gunakan Sabuk Pengaman

Pasangkan sabuk pengaman anda dan tetap tenang. Turbulensi terkadang menyebabkan cidera pada penumpang karena guncangan yang keras.

  • Pemanasan Global Picu Turbulensi

Turbulensi erat kaitannya dengan kondisi cuaca, akan tetapi salah satu penyebab sering terjadinya turbulensi udara cerah adalah pemanasan global. Global warming ditengarai sebagai penyebab terjadinya turbulensi udara cerah.

Demikian sedikit fakta tentang turbulensi. Turbulensi kadang dapat menyebabkan cedera pada penumpang, terutama saat pesawat terguncang terlalu kencang. Jika anda sedang berada di toilet, segeralah kembali ke kursi penumpang lalu pasang sabuk pengaman dan tenangkan diri anda, pilot akan menangani hal tersebut dengan baik. Jadi anda sudah tidak perlu takut lagi untuk bepergian dengan menggunakan pesawat terbang.