Search

Erau International Folklore And Art Festival (EIFAF) 2017 Segera Digelar Kembali

Erau International Folklore And Art Festival (EIFAF) 2017 Segera Digelar Kembali

Festival rutin yang biasa digelar setiap tahun, akan segera kembali hadir di Kutai Kertanegara yaitu pesta adat Erau International Folklore And Art Festival (EIFAF) pada tanggal 22 hingga 30 Juli 2017 di Tenggarong. Erau International Folklore And Art Festival (EIFAF) sengaja dilaksanakan pada pekan terakhir bulan Juli, karena saat itu merupakan puncak saat musim liburan, sehingga diharapkan akan lebih banyak wisatawan yang akan datang ke Tenggarong.

Festival ini awalnya adalah upacara adat di kesultanan Kutai Kertanegara yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Di masa lalu erau diselenggarakan berkenaan dengan acara tijak tanah putra putri raja, pemberian gelar atau penobatan putra mahkota atau raja. Sempat mengalami kevakuman pada tahun 1960-an. Kemudian dikaitkan dengan hari jadi kota Tenggarong tanggal 28 September. Sejak tahun 2009 Festival Erau diadakan pada saat musim liburan lebih tepatnya pada bulan Juli.

Saat ini Erau International Folklore And Art Festival (EIFAF) diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kertanegara untuk melestarikan tradisi dan budaya masyarakat Kutai. Erau berasal dari bahasa Kutai, Eroh yang berarti ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh sukacita. Suasana yang ramai riuh tersebut dalam arti banyakanya kegiatan kelompok orang yang punya hajat dan bermakna sakral, ritual, maupun hiburan.

Tujuan dari Erau International Folklore And Art Festival (EIFAF) ini diselenggarakan adalah sebagai berikut:

  1. Mengaktualisasikan adat budaya warisan leluhur kesultanan Kutai Kertanegara Ing Martadipura
  2. Mengungkapkan jati diri masyarakat Kutai Kertanegara
  3. Menumbuh kembangkan rasa memiliki dan mencintai budaya sendiri
  4. Mempromosikan potensi daerah
  5. Menjadi sarana silaturahmi antar etnis si kabupaten Kutai Kertanegara maupun wilayah adat kesultanan di tujuh kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Kalimantan Timur

Erau International Folklore And Art Festival (EIFAF) 2017 rencananya akan dihadiri oleh 8 kesenian delegasi mancanegara. Penyelenggaraan Erau International Folklore And Art Festival (EIFAF) mendatang akan diawali dengan kirab Budaya Internasional pada hari sabtu tanggal 22 Juli 2017. Kemudian pada hari minggu 23 Juli 2017 akan dilakukan upacara adat Mendirikan Ayu oleh pihak Kutai Kertanegara Ing Martadipura sebagai tanda dimulainya Festival Erau.

Setelah upacara Mendirikan Ayu, acara akan dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan Erau International Folklore And Art Festival (EIFAF) 2017 yang bertempat di Stadion Rondong Demang. Sedangkan untuk upacara penutupannya pada hari Minggu 30 Juli 2017 dan ditandai dengan upacara adat Mengulur Naga dan Belimbur.