Search

Eksplorasi Alam Gunung Kidul

Eksplorasi Alam Gunung Kidul

Gunung yang pernah aktif jutaan tahun lalu ini, menjadi daya tarik baru bagi wisatawan dari kota-kota di sekitar DIY. Kami berangkat dari Kota Jogja sekitar pukul 16:00 WIB. Perjalanan menggunakan sepeda motor hanya membutuhkan waktu sekitar 25-30 menit saja untuk menuju basecamp di Nglanggeran.

Pemandangan dengan bukit-bukit batu dan hawa yang sejuk langsung menyambut kami. Para wisatawan diwajibkan membeli tiket dahulu untuk bisa trekking kesana. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp. 7.500,00 / pax. Sangat murah dibandingkan dengan keindahan yang didapat.

Dimulai dari titik start kami melewati jalan setapak yang sudah dibuat dari pengelola, belum begitu berarti karena trek itu sangat mudah. Ketika melewati pos 1, trek mulai menantang. Dengan trek yang diapit batu di sisi kanan dan kiri. Saat disana kami disuguhi pemandangan yang memukau mata, semua terbayarkan saat melihatnya, rasa lelah pun sedikit sirna. Lalu kami melanjutkan trekking, jalan sudah tidak menentu, ada trek batu dan tanah. Saat itu sepertinya habis diguyur hujan, sehingga trek lebih licin. Yang lebih ekstrim ada juga trek seperti pada film “127 hours“, ¬†jalan setapak yang diapit dua tebing yang tinggi dan hanya cukup dilewati satu orang.

Sampai di campground, kami mendirikan tenda. Dari atas kami bisa melihat kelap-kelipnya kota jogja ketika senja datang. Saat mulai malam cuaca kurang bersahabat, mendung datang dan sudah turun rintik hujan. Dipaginya kami juga kurang beruntung, karena kabut sangat tebal menyelimuti sekitar puncak. Tetapi pemandangan mulai terlihat saat menjelang siang.

page1

Pemandangan luar biasa juga bisa ditemukan saat perjalanan turun.

page 2

What a amazing view from Gunung Api Purba, Nglanggeran