Search

Daftar Maskapai Penerbangan Di Indonesia

Daftar Maskapai Penerbangan Di Indonesia
Transportasi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat saat ini, banyak tersedia berbagai macam transportasi, seperti transportasi darat, laut dan udara. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, alat transportasi pun semakin canggih. Jika dulu bepergian jauh hanya dengan menggunakan kapal laut dan memakan waktu lama. Kini dengan pesawat, jarak dan waktu yang ditempuh pun tidak memakan waktu lama seperti dulu. Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi udara. Dengan perjalanan lewat udara hampir semua wilayah di Indonesia bahkan di belahan dunia lain dapat ditempuh dengan mudah. Dan bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan tentunya memerlukan transportasi yang dapat menghubungkan antar pulau dengan cepat dan mudah. Sekarang ini transportasi udara menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia yang ingin bepergian antar pulau. Selain karena harganya yang mulai terjangkau dan relatif cepat dalam menempuh perjalanan, juga karena faktor kenyamanan yang didapat oleh penumpang. Rute penerbangan dan maskapai penerbangan di Indonesia semakin tumbuh berkembang. Perusahaan penerbangan di Indonesia sudah semakin banyak, dari penerbangan domestik hingga penerbangan ke luar negeri. Berikut adalah daftar penerbangan yang melintasi wilayah Indonesia:
  1. Garuda Indonesia
Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia terbesar dan menjadi unggulan dalam dunia penerbangan nasional. Maskapai penerbangan ini berdiri pada tahun 1949 dan memiliki lebih dari 100 armada pesawat terbang. Pada tahun 2013 maskapai ini terdaftar sebagai salah satu maskapai terbaik di dunia, dengan kode penerbangan GA atau GIA.
  1. Kalstar Aviation
Adalah maskapai penerbangan yang berbasis di Indonesia timur. Daerah tujuannya hanya terbatas pada daerah Kalimantan saja. Kalstar Aviation mempunyai kode KD atau KLS.
  1. Lion Air
Merupakan perusahaan penerbangan swasta terbesar di Indonesia, Lion Air juga pengguna pesawat dengan varian terbaru dan terbesar dari perusahaan Boeing. Kantor pusatnya berada di Jakarta, rute penerbangannya yaitu kota-kota di Indonesia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Saudi Arabia. Akan tetapi maskapai ini dilarang terbang di Uni Eropa. Kode dari Lion Air adalah JT atau LNI.
  1. Air Asia Indonesia
Sebelumnya maskapai ini bernama Awair, atau Air Wagon yang merupakan maskapai penerbangan berbiaya rendah di Indonesia. Indonesia Air Asia adalah anak cabang dari maskapai Air Asia International. Tujuan penerbangannya hanya di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya. Kode penerbangan dari Air Asia indonesia adalah QZ.
  1. Kartika Airlines
Merupakan maskapai penerbangan yang berpusat di Indonesia, dengan rute penerbangan: Jakarta ke Batam, Balikpapan dan Surabaya, dan dari Surabaya ke Jakarta, Balikpapan, Denpasar, Yogyakarta dan Johor Bahru (Malaysia). Kode penerbangan Kartika Airlines adalah KAE.
  1. Wings Airlines
Merupakan anak cabang dari perusahaan Lion Air yang didirikan pada tahun 2003. Kode penerbangannya adalah IW atau WON.
  1. Sriwijaya Air
Merupakan salah satu maskapai penerbangan terbaik di Indonesia yang mendapatkan sertifikat keselamatan kelas 1. Sriwijaya didirikan dengan tujuan untuk menyatukan seluruh wilayah nusantara seperti keinginan raja pada masa kerajaan Sriwijaya. Kode penerbangan Sriwijaya adalah SJ atau SJY.
  1. Citilink
Adalah anak perusahaan dari maskapai penerbangan Garuda yang menyediakan alternatif penerbangan dengan tarif murah (Low Cost Carrier). Citilink mempunyai kode penerbangan QG atau CTV.
  1. Express Air
Maskapai penerbangan yang berbasis di Indonesia Timur atau lebih tepatnya di Makassar. Dengan rute penerbangan di wilayah Indonesia Timur. Kode penerbangan dari Express Air adalah XN atau XAR.
  1. Nam Air
Adalah anak maskapai penerbangan dari Sriwijaya Air. Didirikan pada tahun 2013, Nam Air melayani penerbangan di berbagai rute penerbangan di wilayah Indonesia.
  1. Batik Air
Selain Wings Air, Batik Air juga merupakan anak perusahaan dari Lion Air. Batik Air melayani rute penerbangan di kota-kota di wilayah Indonesia. Kode yang dimiliki oleh Batik Air adalah ID atau BTK. Daftar maskapai penerbangan di atas adalah maskapai yang beroperasi di Indonesia. Namun masih ada beberapa maskapai penerbangan di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan anda dalam melakukan perjalanan di daerah-daerah dan kota-kota kecil di wilayah Indonesia selain yang telah disebutkan di atas.