Search

Consumer To Consumer (C2C) Dalam E-Commerce

Consumer To Consumer (C2C) Dalam E-Commerce
Jenis E-commerce yang lainnya setelah Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C) adalah Consumer to Consumer (C2C). C2C merupakan salah satu model E-commerce yang menjual produknya secara langsung antar konsumen satu ke konsumen lainnya, atau dapat dikatakan sebagai transaksi jual beli antar konsumen. Bisnis C2C adalah bisnis yang menyediakan market place bagi konsumen yang melakukan transaksi jual beli secara online. Dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya namun dengan modal yang minim. Aktivitas C2C dilakukan secara langsung oleh berbagai pihak melalui jaringan internet. Transaksi terjadi biasanya melalui pihak ketiga, sebagai contoh: seorang pelanggan yang menjual baju dengan memasang informasi baju yang di jual melalui website lainnya dan melakukan penawaran pada pelanggan lain. Di mana pihak ketiga tersebut akan mengenakan biaya di awal atau pembagian komisi. Pada lingkup C2C, transaksi hanya dilakukan hanya antar konsumen saja, internet dijadikan sebagai sarana untuk tukar menukar informasi, harga, kualitas dan pelayanannya. Terdapat berbagai macam website atau situs yang memungkinkan setiap orang untuk melakukan transaksi jual beli. Diantaranya yaitu: www.ebay.com, www.olx.co.id, www.kaskus.com. Banyak situs C2C yang telah memperluas dan mengembangkan kategori produk yang ada dengan memperkenalkan kategori spesifik, kolom testimoni dan kolom chat room. Pada C2C individu dapat menjual barang atau jasanya secara langsung kepada masyarakat luas. Dan calon pembeli dapat membandingkan harga dan kualitas dari barang yang ingin dibelinya. Sehingga pembeli dapat menentukan pilihan yang paling tepat. Dalam C2C banyaknya saingan yang menggunakan media market place dalam menjual produk barang dan jasa, bagi penjual yang pertama kali menjual produknya pada situs market place tersebut akan mengalami sedikit kesulitan karena belum memiliki reputasi yang baik dan kepercayaan dari pihak pembeli. Sama halnya dengan market place lainnya, forum yang menggunakan media diskusi untuk berbisnis biasanya membuka thread baru di situs-situs forum seperti kaskus dan indowebster. Pemasaran C2C penting bagi seorang penjual, ketika ia berbelanja dalam membeli produk barang atau jasa, ia dapat berbagi di mana tempatnya berbelanja dulu kepada teman-temannya. Dan hal ini akan menguntungkan bagi penjual karena tentunya konsumen akan bertambah.