Search

Cara Promosi Bisnis Melalui Media Online Secara Efektif

Cara Promosi Bisnis Melalui Media Online Secara Efektif
Sudah menjadi rahasia umum jika media internet mempunyai manfaat yang luas selain untuk keperluan ilmu dan teknologi juga banyak yang memanfaatkan media internet untuk keperluan bisnis untuk mempromosikan atau menjual produk dan jasa ke konsumen. Dengan media internet bukan hanya konsumen lokal saja yang bisa dijangkau tetapi juga bisa menjangkau konsumen yang berada di luar negeri. Berpromosi lewat internet atau yang biasa dikenal dengan internet marketing ini sangat populer pada beberapa tahun terakhir belakangan. Promosi online adalah hal yang penting dalam meningkatkan penjualan produk yang anda jual. Karena tujuan dari promosi itu sendiri adalah memperkenalkan barang atau jasa kepada konsumen yang akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan melalui media internet. Lalu bagaimana cara agar bisnis yang anda kelola dapat dikenal oleh masyarakat luas? Perhatikan cara promosi bisnis melalui media online secara efektif berikut ini:
  1. Facebook
Facebook bisa menjadi cara terbaik dalam membangun komunitas di sekitar bisnis. Sebagai pelaku bisnis, anda dapat memulainya dengan memasang foto sampul yang cukup menarik dengan menampilkan foto produk yang anda jual. Logo bisnis anda bisa dijadikan sebagai profil gambar pada facebook.
  1. Pinterest
Anda dapat berbagi foto-foto yang menarik dan membuat koleksi foto di Pinterest. Dengan Pinterest anda bisa memasang tautan ke bisnis anda dengan tampilan yang lebih menarik.
  1. Aktif Di Sosial Media
Tidak cukup hanya mempunyai akun Facebook dan Twitter, namun anda juga harus aktif menjalankan akun sosial media anda. Cukup posting jajak pendapat, foto atau kutipan menarik yang berhubungan dengan bisnis. Atur sosial media anda agar konsumen juga dapat berkomentar dan berbagi postingan anda tersebut ke sosial medianya.
  1. Membuat Blog
Buat blog tentang bisnis anda, setelah anda menulis artikel atau postingan berupa produk atau jasa yang anda jual, segera sebar link dari blog ke sosial media yang anda miliki. Hindari kesalahan teknis dalam memposting tulisan yang terlalu panjang.
  1. Membuat Jaringan Sesama Pelaku Bisnis
Misalnya jika anda memiliki bisnis tiket online serta tour dan travel, anda dapat menjalin hubungan pertemanan dengan pelaku bisnis rental mobil atau motor melalui sosial media yang anda miliki. Di sana anda dapat saling berbagi informasi bahkan mungkin juga saling bertukar peluang bisnis atau kerjasama.
  1. Blogwalking
Blogwaking adalah suatu istilah di mana anda mendatangkan trafik web dengan cara berkomentar di website atau blog lain dengan menyertakan link blog atau website anda pada bagian nama pemberi komentar. Jika ada orang yang meng-klik nama anda, maka orang tersebut akan diarahkan ke blog anda, dari sanalah trafik bisa anda dapatkan. Dalam melakukan kegiatan blogwalking jangan sampai melakukan tindakan spamming dengan menebar link secara sembarangan, berkomentar tidak berkualitas, dan berbagai tindakan yang cukup mengganggu lainnya.
  1. Menggunakan Iklan
Iklan menjadi media yang cukup ampuh di internet. Ada banyak metode periklanan yang dapat anda gunakan untuk mengiklankan website anda:
  • Beriklan di Facebook
  • Beriklan di Instagram
  • Iklan dengan menggunakan Google Adwords
  • Memasang iklan berupa banner di website atau blog yang lain
  • Iklan dalam bentuk artikel review dari blog lain