Search

Cara Packing Dalam Menghemat Bagasi Pada Pesawat Terbang

Cara Packing Dalam Menghemat Bagasi Pada Pesawat Terbang

Packing atau mengemas barang bawaan untuk bepergian memang sedikit menyebalkan, apalagi bepergian untuk jangka waktu yang cukup lama. Sementara anda ingin menghemat pengeluaran anda selama perjalanan tanpa harus membayar lebih ekstra bagasi karena kelebihan barang bawaan. Saat ini banyak maskapai penerbangan yang berbiaya rendah (LCC) yang menjual tiket dengan harga murah namun tetap menerapkan harga bagasi yang tinggi, hingga harga bagasi bisa setara dengan harga tiket pesawat bahkan bisa melebihi dari harga tiket pesawat itu sendiri.

Dengan keterbatasan bagasi, anda bisa memanfaatkan bagasi kabin seoptimal mungkin. Jika anda ingin membawa pakaian dengan ringkas agar tidak melebihi bagasi, berikut adalah cara packing yang dapat menghemat bagasi.

  1. Pelajari Aturannya

Seringkali penumpang pesawat terpaksa meninggalkan sejumlah barang bawaan mereka karena ternyata barang-barang tersebut dilarang berada di dalam penerbangan. Periksa barang bawaan anda, seperti yang tertera pada peraturan barang bawaan penumpang: tidak boleh ada cairan yang melebihi 100 ml masuk ke dalam pesawat. Dan juga barang-barang lain seperti pisau, benda tajam, korek api, barang yang mengandung unsur zat radioaktif, magnet dan benda-benda beracun lainnya. Bawa barang bawaan sesuai dengan kebutuhan anda selama anda bepergian.

  1. Cek Cuaca Tempat Tujuan Sebelum Berangkat

Cek cuaca di tempat tujuan yang akan anda kunjungi, apakah hujan, panas atau memasuki musim dingin? Sehingga anda dapat membawa baju sesuai dengan kebutuhan di tempat tujuan anda tersebut.

  1. Gulung Baju Dalam Koper Dan Tas Ransel

Di banding melipat pakaian, menggulung baju bisa lebih menghemat tempat. Gulung baju dan celana, lalu sejajarkan sampai tidak ada sisa ruang lagi. Untuk pakaian dengan bahan-bahan yang licin dan tipis bisa anda gulung bersamaan dengan dua atau tiga buah pakaian lainnya. Tumpuk gulungan pakaian menyebar ke berbagai sisi. Jika anda membawa barang pecah belah, gunakan baju yang sudah di gulung sebagai bantalan untuk menghindari kerusakan pada barang pecah belah yang anda bawa.

  1. Masukkan Barang Ke Dalam Sepatu

Jika anda membawaa sepatu, jangan sia-siakan ruang dalam sepatu. Anda bisa menggunakannya dengan menaruh kaos kaki, aksesoris seperti jam tangan, kalung, gelang, ikat rambut ke dalam sepatu, bahkan anda juga bisa menyimpan kaos berukuran kecil di dalamnya. Letakkan sepatu di dasar koper anda.

  1. Membawa Tas Kecil

Membawa tas kecil, baik tas tangan, mini ransel, tas pinggang, atau tas selempang merupakan salah satu barang yang penting untuk di bawa. Karena koper anda berada di kompartemen di atas kepala selama penerbangan. Jadi anda harus tetap memisahkan barang-barang kecil seperti: dompet, paspor, buku, ponsel, pulpen, boarding pass, mp3 player, atau kamera saku. Pastikan semua barang-barang penting tersebut berada dalam jangkauan anda.

  1. Manfaatkan Semua Kantong Koper

Membawa koper kecil bukan berarti anda tidak punya banyak tempat untuk menyimpan barang bawaan anda. Pastikan banyak ruang kantong yang dapat anda manfaatkan untuk menyimpan peralatan make up, handuk kecil, dan yang lainnya. Padatkan setiap sela yang ada supaya barang yang di bawa bisa lebih maksimal.

  1. Peralatan Mandi

Bawa peralatan mandi sesuai dengan kebutuhan berapa lama anda akan bepergian dengan memasukkan pada botol-botol kecil berukuran tiga ons atau kurang. Bawa seringkas mungkin peralatan mandi anda. Dengan begitu anda bisa menggunakan ruang kosong pada koper anda untuk barang lainnya.

  1. Timbang Kembali Tas Dan Koper

Timbang tas dan koper anda setelah selesai packing dan sebelum menuju bandara. Bawa juga tas lipat untuk membawa berbagai barang yang akan anda beli atau untuk menyimpan pakaian kotor ketika anda akan pulang.

Demikian cara packing dalam menghemat bagasi  pada pesawat terbang semoga bermanfaat bagi anda yang merencanakan untuk bepergian.