Search

Cara Mudah Pembatalan Dan Refund Tiket Kereta Api

Cara Mudah Pembatalan Dan Refund Tiket Kereta Api
Ada kalanya rencana liburan berubah karena anda kepentingan mendadak lainnya yang tidak bisa ditunda. Segala rencana yang telah disiapkan, mulai dari memesan kamar hotel hingga transportasi harus dibatalkan. Bagi sebagian orang, proses pembatalan tiket yang sudah dipesan akan merepotkan, seperti ketika anda harus membatalkan tiket kereta api. Padahal jika anda mengurus pembatalan tiket, anda bisa mendapatkan uang tiket kereta api sebesar 75 persen. Sebagian orang memilih untuk tidak membatalkan tiket kereta api dan memilih untuk membiarkan hangus begitu saja. Anda perlu datang ke stasiun kereta api untuk melakukan proses pembatalan tiket. Membatalkan tiket kereta api sebenarnya tidak rumit. Bagi anda yang tidak ingin tiket kereta api hangus begitu saja, berikut adalah tata cara pembatalan dan refund tiket kereta api yang sudah terlanjur anda beli. Yang perlu dipersiapkan sebelum anda membatalkan tiket:
  1. Tiket yang akan dibatalkan, harus dicetak terlebih dahulu di mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri)
  2. Membawa KTP asli dan fotokopi KTP satu lembar
  3. Mengisi formulir pembatalan tiket berwarna merah.
Jika dokumen-dokumen yang dibutuhkan tersebut sudah lengkap, tata cara yang perlu anda perhatikan sebagai berikut:
  1. Datang ke stasiun kereta api maksimal 30 menit sebelum keberangkatan. Stasiun kereta api yang melayani pembatalan tiket adalah stasiun-stasiun besar saja, jadi jangan salah datang ke stasiun kecil.
  2. Setelah tiket dan dokumen lengkap, anda bisa menuju ke loket pembatalan tiket dengan menunjukkan tiket yang sudah dicetak dan fotokopi KTP, kemudian mengisi formulir pembatalan tiket yang diserahkan ke petugas.
  3. Serahkan semua data tersebut ke petugas loket dan pastikan semua data terisi dengan benar. Kemudian anda akan mendapatkan slip copy berwarna pink sebagai tanda bukti.
  4. Simpan baik-baik slip copy berwarna pink tersebut sampai uang tiket anda cair, karena uang baru cair kurang lebih dalam 30 hari kerja. Anda bisa memilih pencairan via rekening bank ketika anda mengisi formulir tadi dan anda tidak perlu datang lagi ke stasiun untuk pencairan uang tiket.
  5. Tiket yang anda batalkan akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 25 persen dari harga tiket yang anda beli. Jadi, uang yang cair tidak bisa 100 persen.
Sebisa mungkin hindari pembatalan tiket pada akhir pekan, karena stasiun kereta cenderung lebih ramai dari hari biasanya dan antrian di loket kereta api akan lebih panjang. Perlu diingat, pembatalan tiket kereta api ini tidak berlaku untuk tiket promosi.