Search

Cara Merespon Keluhan Dari Konsumen Secara Bijak

Cara Merespon Keluhan Dari Konsumen Secara Bijak

Keluhan dari konsumen merupakan satu hal yang biasa yang harus didengarkan dan biasa diterima oleh para pelaku bisnis. Keluhan kebanyakan terjadi karena konsumen merasa tidak puas dengan suatu produk atau jasa yang dibelinya atau pelayanan yang mereka dapatkan kurang memuaskan. Hal ini merupakan salah satu tantangan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Jika dilihat dari sisi perusahaan yang menerima keluhan dari konsumen justru bisa dijadikan sebagai masukan positif agar ke depannya dapat memberikan kualitas produk maupun jasa yang lebih baik lagi serta memberikan pelayanan yang maksimal untuk meminimalisir keluhan dari konsumen lainnya.

Bagi pelaku usaha yang baru saja menjalankan bisnisnya, mungkin akan merasa kaget dan kebingungan begitu mendapatkan keluhan dari pelanggannya. Untuk mengantisipasi sebelum terjadi hal tersebut, ada beberapa tips bagaimana caranya merespon keluhan dari konsumen secara bijak:

  1. Dengarkan dan Beri Empati

Ketika konsumen sedang menyampaikan keluhannnya pada anda, dengarkan saja dan jangan menyela pembicaraan. Dalam jeda waktu tertentu, ucapkan kata-kata yang menunjukkan empati anda pada para konsumen agar mereka merasa didengarkan dan diperhatikan. Untuk konsumen yang berbicara dengan nada emosi, sebaiknya jangan memberikan penjelasan apa pun, sampai mereka selesai berbicara.

  1. Tetap Jaga Wibawa

Banyak konsumen yang merasa keluhannya tidak didengarkan oleh para pelaku usaha. Dalam menghadapi konsumen, gunakan bahasa yang santai dan tidak terlalu formal, serta bahasa yang dapat dimengerti oleh konsumen. Tetap jaga wibawa anda sebagai penjual, hal ini cukup penting agar anda tidak kehilangan reputasi dan kepercayaan dari konsumen. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri saat memberi respon dari keluhan konsumen. Karena keluhan dari konsumen adalah hal yang biasa dalam sebuah bisnis, namun juga menjadi bagian dari pekerjaan.

  1. Memberikan Pilihan Solusi

Ketika konsumen selesai menyampaikan keluhan dan kekecewaannya, segera anda tawarkan solusi. Berikan penjelasan secara detail mengenai pilihan-pilihan solusi yang anda tawarkan pada konsumen. Jika kekecewaan konsumen berasal dari kelalaian bisnis anda, tidak ada salahnya anda berkorban sedikit demi menjaga reputasi dan untuk memperbaiki pelayanan selanjutnya.

  1. Follow Up dan Berikan Kabar

Setelah konsumen menentukan solusi yang telah anda tawarkan, maka sekarang saatnya bagi anda sebagai pelaku usaha untuk menjalankan solusi tersebut. Kemudian berikan kabar seputar perkembangan dari solusi yang anda lakukan.

  1. Catat dan Evaluasi

Catat semua keluhan yang telah disampaikan oleh konsumen untuk kemudian anda evaluasi, kesalahan apa yang membuat pelanggan tersebut komplain. Cari penyebabnya dan lakukan pembenahan layanan agar bisa memuaskan konsumen.