Search

Cara Meraih Keuntungan Bisnis Travel Online Pada Masa Libur Akhir Tahun

Cara Meraih Keuntungan Bisnis Travel Online Pada Masa Libur Akhir Tahun

Libur akhir tahun menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian orang, termasuk para pelaku bisnis. Karena biasanya pada moment akhir tahun seperti sekarang ini, banyak pelaku bisnis yang memberikan diskon akhir tahun atau harga khusus pada produk yang dijual. Hal ini untuk menarik pelanggan dan meraih keuntungan banyak pada masa liburan. Pasalnya pada masa libur panjang, banyak target pemasaran yang bisa menjadi calon konsumen.

Di penghujung tahun, kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat memang menjadi lebih besar dibandingkan bulan-bulan biasa. Jika anda adalah pelaku bisnis, anda dapat memanfaatkan moment liburan akhir tahun ini untuk memasarkan produk anda secara lebih luas dan dengan harga yang bersaing.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa meraih banyak keuntungan dalam bisnis berbasis travel online?

  1. Tetap Berikan Harga Normal

Memberikan harga yang lebih rendah dari pesaing anda untuk menarik banyak pelanggan, ternyata salah. Dengan memberikan harga yang lebih rendah, mungkin pelanggan akan banyak yang datang dan membeli produk anda, tapi hal ini justru akan merugikan bisnis yang telah anda jalankan. Di mana keuntungan yang anda dapatkan akan lebih sedikit dan justru dapat membuat bisnis anda mengalami kerugian. Untuk itu sebaiknya anda berikan harga normal dan jangan menaikkan harga terlalu tinggi, karena konsumen akan meninggalkan anda dan berpaling pada pesaing bisnis yang dapat memberikan harga lebih murah dibanding bisnis anda.

  1. Berikan Harga Diskon Sewajarnya

Jika anda ingin memberikan diskon akhir tahun, berikanlah diskon sewajarnya. Jangan memberikan diskon yang besar, karena akan membuat rugi bisnis anda. Untuk menyiasatinya, anda bisa memberikan bonus ke pelanggan yang membeli produk anda di masa liburan. Misalnya souvenir, voucher belanja, voucher diskon hotel, dan sebagainya. Hal ini bisa menjadi solusi yang menarik selain memberikan harga diskon pada pelanggan.

  1. Manfaatkan Pelanggan Lama

Dalam musim liburan ini, sebagai pelaku bisnis cobalah untuk memanfaatkan pelanggan lama dengan mengajak mereka berkumpul untuk sekedar makan siang atau makan malam dengan mendengarkan saran serta kritik dari pelanggan tentang bisnis anda. Dan juga dengan membuat grup komunitas untuk pelanggan, maka pelanggan akan lebih loyal pada produk anda. Jika mereka puas dengan produk anda, mereka akan merekomendasikan bisnis anda pada orang lain. Di sinilah anda bisa melakukan strategi pemasaran dari mulut ke mulut dengan baik. Tunjukkan pada mereka bahwa anda peduli terhadap pelanggan lama.

  1. Berikan Kemudahan Dalam Membeli

Menjual produk pada masa liburan bukan merupakan hal yang mudah tapi juga bukan hal yang sulit. Selain memikirkan strategi pemasaran yang tepat, anda juga harus memberikan kemudahan pada pelanggan. Buatlah produk anda mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa memanfaatkan sosial media dan marketplace untuk menjual produk anda secara online.

  1. Memonitor Rugi Dan Laba Penjualan Produk

Pada saat masa liburan akhir tahun seperti sekarang ini, banyak pelaku bisnis yang hanya memikirkan profit dan keuntungan tanpa memperhitungkan laba maupun rugi dari proses penjualan tersebut. Dengan memperhitungkan laba dan rugi, anda dapat menentukan berapa harga yang pantas diberikan kepada konsumen.