Search

Cara Mengetahui Tingkat Keamanan Maskapai

Cara Mengetahui Tingkat Keamanan Maskapai

Bepergian menggunakan pesawat terbang bukan lagi hal mewah di jaman sekarang. Hal itu disebabkan karena adanya Low Cost Carrier atau disingkat LCC. Banyak yang menggunakan penerbangan LCC karena harga yang terjangkau, tapi ada juga yang meragukan kualitas keselamatan penumpang dengan penerbangan LCC.

Hal ini tentu didasarkan pada kecelakaan pesawat yang semakin marak akhir-akhir ini dan ditemukan pada pesawat dengan penerbangan LCC. Ada beberapa kriteria yang dapat menunjukkan tingkat keamanan sebuah maskapai di Indonesia.

IOSA (IATA Operational Safety Audit)
IOSA atau (IATA Operational Safety Audit) yang dikeluarkan oleh pihak International Air Transport Association. Maskapai tidak wajib memiliki, namun jika kamu tidak menemukan sertifikat ini pada maskapai maka ada dua alasan, maskapai yang tidak lolos audit atau maskapai yang sengaja tidak mengambil sertifikat ini.

Fatality Free
Fatality free atau penghitungan banyaknya korban meninggal dalam kecelakaan maskapai. Akan terhitung maskapai paling aman di Indonesia jika jumlah korban meninggal dalam kecelakaan sedikit. Maskapai tidak akan lolos fatality free apabila dalam kurun waktu 10 tahun mereka mengalami kecelakaan dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentu mengharuskan manajemen penerbangan diperbaiki atau diubah total untuk mengembalikan kepercayaan calon penumpang pesawat.

Standar International Civil Aviation
Selanjutnya adalah maskapai yang harus memenuhi standar International Civil Aviation Organization atau ICAO. Maskapai akan mendapat sertifikat dari ICAO apabila memenuhi standar audit sejumlah 8 poin. Penilaian maskapai meliputi keselamatan penerbangan, keamanan, efisiensi, regulasi dan perlindungan penerbangan. Antara lain 8 poin audit ICAO adalah legislasi, organisasi, perizinan, operasional, stabilitas penerbangan yang nyaman, investigasi kecelakaan, layanan navigasi udara, dan aerodromes.

Izin European Union (EU)
Kriteria maskapai penerbangan paling aman di Indonesia adalah European Union (EU) Blacklist. Awalnya maskapai Indonesia sempat dilarang memasuki kawasan Uni Eropa, karena Eropa memiliki standar keamanan yang paling tinggi. Hal ini membuat maskapai mulai memperbaiki kualitas keselamatan maskapai mereka dan sekarang maskapai di Indonesia mulai memiliki izin untuk memasuki kawasan Uni Eropa.

Federal Aviation Authority Endorsement
Berikutnya adalah Federal Aviation Authority Endorsement (FAA). Maskapai paling aman di Indonesia tidak mendapat izin penerbangan ini, dikarenakan izin FAA dikeluarkan oleh Amerika Serikat untuk penerbangan di wilayahnya. Izin ini hanya diberlakukan di negara, bukan maskapai.

Setelah mengetahui kriteria apa yang membuat maskapai disebut aman. Maka sekarang kami akan memberikan daftar nama-nama maskapai paling aman di Indonesia sesuai dengan audit keamanannya.

Garuda Indonesia
Maskapai penerbangan ini berhasil menduduki peringkat pertama dalam maskapai paling aman yang ada di Indonesia. Garuda Indonesia berdiri pada tahun 1947 dan mulai beroperasi pada 26 Januari 1949. Memiliki 140 armada penerbangan dengan 96 tujuan setiap harinya. Maskapai mendapat 7 bintang untuk audit keamanan, membuat Garuda Indonesia mendapat kepercayaan tinggi dari para penumpang terkait keselamatan.

Batik Air
Maskapai paling aman di Indonesia yang ke dua ditempati oleh Batik air. Batik Air sendiri merupakan maskapai penerbangan swasta baru di Indonesia yang didirikan pada 1 Maret 2013 silam. Mulai beroperasi pada tanggal 3 Maret 2013 dengan penerbangan perdananya pada hari Jumat dari Jakarta menuju ke Manado. Batik Air sendiri kini telah memiliki 54 armada dengan 26 tujuan penerbangan setiap harinya.

Citilink
Maskapai ini berdiri pada tahun 2001, dengan biaya penerbangan cukup terjangkau membuat Citilink dijadikan alternatif penerbangan. Namun sejak tanggal 30 Juni 2012, Citilink resmi menjadi entitas bisnis terpisah dari Garuda Indonesia setelah mendapat AOC. Beroperasi dengan 54 armada dan 34 tujuan setiap harinya. Citilink juga memiliki program penumpang setia yaitu Supergreen Garuda Miles.

Itu tadi tiga maskapai paling aman di Indonesia menurut audit keselamatan dan keamanan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian dalam memilih maskapai penerbangan yang aman ya!