Search

Cara Mengetahui Keinginan Pelanggan Terhadap Suatu Produk

Cara Mengetahui Keinginan Pelanggan Terhadap Suatu Produk

Memperoleh pelanggan yang loyal dan dapat mengenalnya lebih jauh akan menjadi keuntungan tersendiri bagi anda sebagai pelaku bisnis. Banyak hal yang bisa anda lakukan jika anda dapat memahami kebutuhan dan keinginan dari pelanggan anda. Pelanggan tidak bergantung pada anda, tetapi anda lah sebagai pelaku bisnis yang bergantung pada mereka. Namun demikian, tidak semua pelaku bisnis mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik. Beberapa pelaku bisnis gagal untuk mengenal dan dapat berhubungan dengan mereka.

Mengetahui keinginan pelanggan bukanlah hal yang sederhana, diperlukan ketelitian dan kesabaran. Karena berkaitan dengan teknik pengambilan data, akurasi data dan ketrampilan dalam menganalisa dari data-data yang sudah diperoleh. Ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengetahui keinginan pelanggan.

Berikut cara untuk mengetahui keinginan pelanggan terhadap produk atau jasa yang anda jual:

  1. Bertanya Pada Pelanggan

Cara sederhana ini banyak dilupakan oleh para pelaku bisnis. Banyak pelaku bisnis yang berpikir jika apa yang mereka jual sudah sesuai dengan keinginan pelanggan. Padahal belum tentu sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Untuk itu anda perlu menanyakan apa saja yang mereka inginkan dari produk atau jasa yang anda jual. Sehingga target pasaran anda dapat tercapai.

  1. Menjadi Pelanggan Dari Bisnis Anda Sendiri

Anda dapat memposisikan diri anda sebagai pelanggan dari bisnis yang anda jalankan sendiri. Memahami sudut pandang sebagai seorang pelanggan, apa yang dirasakan oleh pelanggan, apa saja keinginan dan kebutuhan mereka terhadap sebuah produk. Dengan begitu anda bisa menyesuaikan produk sesuai dengan sudut pandang sebagai pelanggan.

  1. Jangan Ragu Dalam Meminta Maaf

Sebuah usaha tidak pernah luput dari kesalahan, jika anda melakukan kesalahan pada pelanggan anda. Segeralah anda meminta maaf pada pelanggan anda tersebut. Jangan lupa untuk tawarkan solusi sebagai pengganti kesalahan yang sudah anda lakukan. Dengan mengakui kesalahan anda dan segera meminta maaf pada pelanggan, anda akan segera mendapatkan perhatian dan pemahaman dari mereka.

  1. Memberikan Pelayanan Dengan Baik

Persaingan bisnis kian ketat setiap tahunnya. Untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia pada bisnis anda, anda tidak cukup memberikan pelayanan yang standar kepada konsumen anda. Anda harus dapat memberikan layanan yang lebih baik dari kompetitor bisnis anda, agar pelanggan anda tidak berpindah hati pada kompetitor.

  1. Mendengarkan Cerita Dari Pelanggan

Keinginan setiap pelanggan dapat anda ketahui dengan cara berbincang dengan pelanggan dan mendengarkan cerita dari pelanggan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan anda dan cara yang tepat untuk mempersiapkan produk yang tepat bagi pelanggan anda tersebut. Dari berbagi cerita dengan pelanggan mengenai produk atau jasa yang anda jual, anda akan dapat memahami keinginan mereka.

  1. Keluhan Pelanggan

Dengan mendengarkan keluhan pelanggan, maka anda akan mengetahui apa yang tidak menyenangkan hati pelanggan terhadap sesuatu hal dari produk atau jasa yang anda jual serta anda akan mengetahui apa yang pelanggan sukai. Jika sudah mengetahui apa yang pelanggan anda sukai, maka anda akan dengan mudah mendefinisikan dan mencari tahu produk seperti apa yang dapat anda jual kepada mereka.

Laris atau tidaknya sebuah produk atau jasa di pasaran dipengaruhi oleh tinggi rendahnya keinginan pelanggan. Jadi, pahami terlebih dahulu keinginan pelanggan anda sebelum mulai melakukan pemasaran.