Search

Cara Mengenali dan Memilih Bisnis Franchise

Cara Mengenali dan Memilih Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan salah satu bisnis yang sedang marak di Indonesia. Selain mudah juga tidak perlu memikirkan nama, merk, dan peralatan kantor. Jika dulu bisnis franchise selalu identik dengan bisnis makanan, sekarang bisnis franchise sudah berkembang merambah ke berbagai produk barang maupun jasa.

Apa itu bisnis franchise? Bisnis franchise adalah bisnis dengan konsep yang melibatkan beberapa pihak seperti franchisor atau franchisee yang membuka kesempatan untuk bekerja sama. Franchisor bertindak sebagai pemberi waralaba yang bertanggungjawab terhadap barang-barang atau alat-alat yang dibutuhkan oleh franchisee yakni dengan mempersiapkan perlengkapan operasi bisnis.

Sedangkan franchisee bertindak sebagai penerima waralaba yang bertanggungjawab menjaga image dan kualitas produk dari franchisor. Franchisee mempunyai kewajiban finansial terhadap franchisor yaitu franchisee fee dan royalty fee. Franchisee fee adalah jumlah yang harus dibayar sebagai imbalan atas pemberian hak oleh franchisor. Franchisee fee dibayar sekali pada awal pembelian waralaba, sedangkan royalty fee adalah jumlah uang dibayarkan secara periodik yang merupakan persentase dari omzet penjualan.

Bisnis franchise merupakan salah satu bisnis yang mudah dilakukan. Sebab, tidak perlu repot-repot menyiapkan merk, nama, kualitas produk, dan peralatan lainnya. Semuanya sudah disediakan oleh pihak pemilik waralaba tersebut. Meskipun demikian anda harus jeli dalam memilih bisnis franchise yang akan anda geluti.

Berikut adalah tips yang dapat anda terapkan dalam memilih bisnis franchise atau waralaba:

  1. Sesuaikan Dengan Modal

Setiap orang dalam membuka usaha memiliki modal yang berbeda-beda. Untuk itu, jika ingin membuka sebuah usaha alangkah lebih baiknya memilih usaha sesuai dengan modal yang ada. Jangan terlalu memaksakan diri dengan memilih bisnis franchise yang mengharuskan anda memiliki modal besar padahal modal yang anda miliki terbatas.

  1. Teruji Kredibilitasnya

Jangan sembarangan dalam memilih bisnis franchise, carilah perusahaan yang mempunyai reputasi baik dan sudah dikenal luas oleh masyarakat. Dengan begitu respon pasar terhadap bisnis anda cukup baik. Bekerja sama dengan penyedia franchise yang berpengalaman dan sudah punya nama tentu menjadi salah satu indikator kesuksesan bagi bisnis anda di kemudian hari.

  1. Pastikan Izin Bisnis Franchise Tersebut Legal

Jangan sampai anda memilih bisnis franchise yang tersandung dengan masalah hukum dan gulung tikar karenanya. Oleh sebab itu, pastikan izin usaha yang dimiliki oleh bisnis tersebut resmi dan dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Gali Informasi Lengkap Mengenai Franchisor Yang Anda Pilih

Cari informasi mengenai bisnisnya, bagaimana pemilik bisnis mengawali usaha dan berapa cabang serta mitra usaha yang telah bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Dengan begitu anda dapat menentukan apakah bisnis franchise tersebut baik dan mampu bertahan atau tidak. Selain itu hal tersebut bisa dijadikan pertimbangan anda sebelum memulai bisnis.

  1. Pilih Lokasi Yang Strategis

Lokasi yang strategis mampu mendatangkan banyak konsumen. Untuk itu carilah lokasi yang sesuai dengan bisnis yang akan anda jalankan dan dapat dijangkau oleh konsumen. Memilih lokasi di lingkungan bisnis bisa menjadi pilihan paling mudah untuk mengejar omzet yang tinggi.

  1. Lihat Segmen Pasar

Anda harus jeli menentukan segmen pasar terhadap produk yang anda jual. Pastikan produk, konsumen dan lokasi usaha saling mendukung.

  1. Siap Dengan Segala Resiko Yang Ada

Setiap usaha atau bisnis dijalankan memiliki resiko baik dari yang kecil hingga besar. Namun, anda jangan mudah menyerah dan harus tetap optimis demi keberhasilan bisnis.

Bagi anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis franchise, semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat dan dapat membantu anda agar sukses dalam menjalankan bisnis dengan sistem franchise atau waralaba.