Search

Cara Mengatasi Jet Lag

Cara Mengatasi Jet Lag

Pasti kebanyakan dari kita suka berlibur. Semakin jauh destinasinya, biasanya akan semakin berkesan. Namun, dibalik semua euforia traveling, ada satu hal yang pasti ingin kita hindari tapi tidak mungkin, yaitu waktu penerbangan yang lama dan risiko jet lag yang menghantui. Lalu seperti apa cara mengatasi jet lag itu?

Apa itu Jet Lag?
Jet lag sendiri adalah suatu kondisi yang mengusik (circadian rhythm) alias siklus 24 jam dalam tubuh kita yang berkaitan dengan kondisi fisik dan mental, serta memberi isyarat pada tubuh kapan harus makan, tidur atau kegiatan sehari-hari lainnya. Karena itu sangat penting mengetahui cara mengatasi jet lag.
Jet lag sendiri mempunyai efek negatif seperti insomnia, mengantuk, nyeri otot, sulit konsentrasi, dan mood yang cranky. Alasannya, di perjalanan terbang jarak jauh itu kita duduk terlalu lama di bangku pesawat tanpa mendapat sinar matahari atau kegiatan fisik yang cukup. Ditambah lagi, kita juga sedang melintasi zona waktu yang berbeda.
Biasanya jet lag akan menghilang dengan sendirinya ketika tubuh kita telah mampu beradaptasi dengan kondisi yang baru. Namun, bila kamu ingin menghindari atau meminimalkan efek negatifnya, beberapa cara mengatasi jet lag berikut ini bisa kamu coba.

Mengkondisikan tubuh sebelum berangkat
Mungkin hal ini tidak mudah, tapi mulai mengubah jam harian setidaknya tiga hari sebelum berangkat bisa membantumu melawan jet lag. Contohnya dengan cara tidur satu jam lebih awal dari jam tidur biasa, bangun satu jam lebih awal di pagi hari, atau dengan menyesuaikan jam makan mendekati jam makan di tempat tujuanmu nanti.

Tetap aktif
Cara mengatasi jet lag berikutnya adalah tetap aktif. Coba gerakkan tubuhmu setiap dua jam sekali ketika kamu berada di dalam pesawat. Berjalan di lorong pesawat bisa memperlancar peredaran darah di dalam tubuhmu. Saat sampai di tujuan, olahraga ringan di pagi atau sore hari bisa membuat tubuhmu terasa segar dan mengembalikan jam biologis ke kondisi normal. Hindari berolahraga terlalu malam atau dekat dengan waktu tidur karena hal tersebut justru bisa memicu adrenalin yang menyebabkan tubuh menjadi dalam kondisi siaga.

Hindari alkohol
Selama ini sudah banyak orang yang beranggapan bahwa minum alkohol dapat membantu cepat tidur selama berada di pesawat, padahal jika terlalu banyak meminumnya malah akan menimbulkan rasa pusing dan hal tersebut justru dapat membuat jet lag semakin parah. Alkohol bisa membuat tubuhmu lebih dehidrasi, terutama bila kamu sudah berada di ketinggian. Dan bangun tidur dalam keadaan hangover tanpa istirahat yang cukup akan membuat dirimu semakin menderita.

Memilih makanan
Cara mengatasi jet lag selanjutnya adalah memilih makanan dengan baik. Makanan berprotein seperti dada ayam, ikan, atau kalkun cenderung membuat perut lebih lama kenyang dan bisa membantumu tetap terjaga ketika kamu sampai di tempat tujuan. Sebaliknya, makanan yang mengandung banyak lemak akan membuatmu terus mengantuk.

Berjemur matahari pagi
Cara mengatasi jet lag ini adalah cara yang paling gampang, yaitu berjemur di pagi hari. Terpapar sinar matahari secara langsung merupakan cara ampuh untuk menormalkan jam biologismu. Jangan terlalu siang dan terlalu lama, karena waktu yang disarankan untuk keluar ruangan dan menikmati sinar matahari yang belum terik adalah antara jam 8 sampai jam 9 pagi.

Hati-hati jika menggunakan obat tidur
Banyak orang yang memilih meminum obat tidur sebagai jalan pintas, meskipun cara ini kurang disarankan. Jika kamu memutuskan untuk mengonsumsi obat tidur, sebaiknya kamu periksa dulu dosis dan efek yang ditimbulkannya. Kamu tentu tidak ingin diangkut keluar pesawat dengan tandu karena kamu meminum obat tidur berkhasiat 8 jam dalam durasi penerbangan 6 jam.

Begitulah penjelasan kita mengenai cara mengatasi jet lag. Semoga liburanmu menyenangkan.