Search

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha
Mempunyai sebuah usaha sendiri memang menjadi impian banyak orang. Terutama pada jaman sekarang ini di mana biaya kehidupan terus meningkat, dan hal tersebut menuntut setiap orang untuk lebih kreatif dalam mendapatkan penghasilan tambahan agar pendapatan dan pengeluaran dapat berjalan seimbang. Namun hal tersebut tidaklah mudah, dibutuhkan strategi untuk menghadapi dunia usaha. Banyak tantangan yang harus dihadapi dalam berbisnis, seperti mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis tersebut. Kebanyakan orang akan mundur jika harus mengeluarkan modal usaha yang cukup besar. Sebaliknya jika orang tersebut mempunyai naluri bisnis yang kuat, maka ia akan mencari solusi untuk mendapatkan modal usaha yang dibutuhkan tersebut. Mencari modal usaha tidaklah sesulit seperti beberapa tahun yang lalu yang hanya melalui jalur konvensional, seperti bank. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha:
  1. Pinjam Dari Bank Dengan Jaminan
Bank merupakan tempat yang paling sering dituju oleh orang yang membutuhkan modal usaha. Anda dapat meminjam uang di bank jika modal yang anda miliki tidak cukup. Jaminan yang diminta oleh pihak bank antara lain: aset properti atau kendaraan bermotor. Bunga yang ditawarkan oleh pihak bank antara 9 - 12 persen dengan jangka waktu pinjaman antara lima hingga 20 tahun, sesuai dengan jumlah pinjaman yang diambil.
  1. Pinjaman Dari Bank Tanpa Jaminan
Anda dapat meminjam modal ke bank dengan fasilitas KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Jenis pinjaman ini menjadi pinjaman favorit bagi banyak orang, karena anda akan tetap mendapatkan uang meskipun tanpa jaminan apa pun. Namun bunga dari bank akan lebih besar dari pinjaman uang dengan jaminan. Bunganya antara 10 - 23 persen. Disarankan untuk mengambil jangka waktu yang lebih pendek agar bunga pinjaman tidak bertambah banyak.
  1. Tabungan
Jika anda takut berhutang pada bank karena bunganya yang tinggi, anda bisa memakai tabungan anda sebagai modal usaha. Cara ini jauh lebih aman karena tidak perlu memikirkan untuk membayar hutang.
  1. Menjual Aset
Bila anda memiliki aset seperti properti, kendaraan bermotor atau mobil, emas dan investasi lain yang menguntungkan. Anda bisa menjual aset anda tersebut untuk modal usaha. Jika bisnis anda berhasil, anda bisa membeli aset yang anda jual tadi dengan yang lebih bagus.
  1. Menggadaikan Aset
Jika anda tidak ingin menjual aset yang anda miliki, anda dapat menggadaikannya pada institusi gadai terpercaya. Dengan begitu anda tetap mendapatkan modal dan aset anda pun tetap utuh. Akan tetapi jangan lupa untuk menebusnya kembali, karena jika tidak aset anda akan disita untuk kemudian dilelang kembali oleh perusahaan gadai tersebut.
  1. Meminjam Dari Teman Atau Saudara
Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mendapatkan pinjaman dari orang-orang terdekat anda. Misalnya: teman, saudara, sepupu dan lain-lain. Tapi pinjaman yang anda dapatkan tidak sebanyak ketika anda meminjam dari bank. Biasanya pinjaman yang anda dapatkan bebas dari bunga.
  1. Kerjasama Usaha
Anda bisa mengajak teman atau saudara untuk membuka usaha bersama dengan modal patungan. Modal usaha dengan cara patungan akan menguntungkan karena modal dan pekerjaan dibagi sama rata termasuk juga membagi kerugian. Namun sebaiknya lakukan perjanjian tertulis antara anda dan partner kerja anda untuk menghindari konflik di masa yang akan datang.