Search

Cara Memulai Bisnis Tiket Online Dengan Benar

Cara Memulai Bisnis Tiket Online Dengan Benar
Tingginya animo masyarakat dalam menggunakan jasa penerbangan dari tahun ke tahun diprediksikan akan terus meningkat setiap tahunnya. Meningkatnya jumlah pemakai alat transportasi udara tersebut membuat peluang bisnis tiket online terlihat begitu menggiurkan. Didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin memudahkan pengguna jasa transportasi dalam memesan tiket, pemesanan tiket melalui gadget semakin familiar. Sistem online booking menjadi keunggulan yang paling dirasakan oleh konsumen. Modal untuk memulai bisnis online tiket pesawat atau online travel agent (OTA) ini adalah akses internet, komputer atau gadget, serta printer untuk mencetak tiket pesawat bagi konsumen anda. Selain itu, anda harus memahami sistem penjualannya. Jika anda dapat menjalankan bisnis ini dengan benar, anda akan mendapatkan untung besar dari sini. Keuntungan dari bisnis ini memang cukup menggiurkan, sehingga banyak orang yang menjalankan bisnis tiket online ini. Lalu bagaimanakah cara memulai bisnis tiket online dengan benar? Berikut adalah ulasannya:
  1. Menyiapkan Perlengkapan Bisnis
Untuk menjalankan bisnis tiket online, anda harus memiliki peralatan yang dapat mendukung transaksi jual beli tiket. Modal yang anda butuhkan tidak begitu besar untuk memulai bisnis tiket online ini. Peralatan yang perlu anda siapkan antara lain seperti perangkat komputer atau smartphone, jaringan internet, meja kursi dan rekening bank. Bisnis tiket online ini berhubungan dengan waktu, jadi sangat penting memperhatikan ketepatan waktu dalam melakukan pemesanan. Karena dilakukan dengan menggunakan sistem online, sebaiknya carilah koneksi internet yang cepat dan stabil.
  1. Mengenali Sistem Reservasi Online
Sistem reservasi tiket sangat penting dalam bisnis ini. Pastikan setiap calon pembeli dapat melihat berapa jumlah tiket yang tersedia, harga tiket, dan jenis pesawat atau kereta yang ada. Pembeli tidak hanya melihat harga dan jadwal keberangkatan saja, tetapi juga banyak pembeli yang ingin mendapatkan tiket promo. Biasanya tiket promo disediakan pada hari-hari tertentu seperti hari ulang tahun maskapai penerbangan. Sebagai pelaku dalam bisnis tiket online, harus mengerti sistem tiket promo.
  1. Memperluas Jaringan
Setiap bisnis memerlukan relasi atau mitra kerja. Dengan bekerjasama dalam menjalankan bisnis tiket online, anda dapat memperluas jaringan bisnis anda, maka keuntungan anda akan bertambah di setiap transaksi.
  1. Memperhatikan Manajemen Bisnis
Dalam menjalankan bisnis tiket online, anda tidak memerlukan banyak karyawan, anda dapat merekrut dua atau tiga orang saja sebagai karyawan dan bahkan anda dapat menjalankan bisnis tersebut sendiri tanpa bantuan karyawan. Namun jika anda memerlukan bantuan karyawan, anda dapat membuka pendaftaran karyawan magang dari universitas atau sekolah jurusan pariwisata sehingga anda tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk menggaji karyawan anda dengan merekrut karyawan yang sudah berpengalaman. Dengan karyawan magang, anda dapat menggajinya sedikit lebih rendah dari karyawan yang sudah mempunyai pengalaman dibidang tiket online dan pariwisata.
  1. Melakukan Promosi
Bisnis tiket online membutuhkan promosi untuk mengenalkan usaha anda pada konsumen. Cara promosi bisnis tiket online dapat dilakukan dengan membuat iklan melalui surat kabar harian, sosial media berupa instagram, facebook, twitter, google plus dan media lainnya. Untuk membuat mempromosikan bisnis tiket online anda tersebut memang membutuhkan biaya. Tapi konsumen dapat mengenal bisnis tiket online anda melalui iklan yang anda sebarkan dan tentu anda akan mendapatkan keuntungan dari promosi yang telah anda lakukan dengan transaksi pembelian tiket online oleh konsumen. Bagi anda yang ingin membuka bisnis tiket online seperti di atas, anda bisa menghubungi perusahaan tour dan travel terpercaya yang membuka kemitraan atau keagenan seperti CITOS.