Search

Cara Membangun Daya Tahan Dalam Memulai Usaha

Cara Membangun Daya Tahan Dalam Memulai Usaha
Dalam memulai usaha sendiri, bukan hanya modal yang menjadi tantangan terberat. Tapi juga harus dapat menghadapi berbagai tantangan lain dalam berbisnis. Karena membuka usaha sendiri membutuhkan waktu yang panjang dan tidak instan, ada proses yang harus dilalui, mulai dari memikirkan ide awal, membuka, memperkenalkan produk tersebut pada masyarakat. Dalam proses ini banyak sekali tantangan dan rintangan yang harus dihadapi oleh pelaku usaha. Baik rintangan yang berasal dari dalam maupun yang datang dari luar. Tantangan-tantangan tersebut tidak jarang membuat pelaku usaha tidak mampu bertahan, bahkan membuat bisnis yang dikelola tutup sebelum dapat berkembang. Lalu bagaimana cara membangun daya tahan dalam memulai usaha sendiri. Berikut adalah cara membangun daya tahan dalam memulai usaha sendiri agar mampu menghadapi tantangan dan rintangan:
  1. Punya Mimpi Besar
Ketika anda mempunyai usaha sendiri, sebaiknya anda mempunyai mimpi besar dan cita-cita yang bisa dijadikan alasan kenapa anda harus tetap bertahan dalam menjalankan usaha anda tersebut. Ketika masalah datang, mimpi bisa menjadi obat untuk menyemangati diri anda agar tetap bertahan dan terus mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan bisnis. Sebaiknya buatlah mimpi yang spesifik, jangan asal bermimpi tetapi tidak berusaha untuk mewujudkannya.
  1. Bekerja Berdasarkan Passion
Bekerjalah karena dorongan dari hati anda dan rasa cinta anda terhadap bidang usaha yang anda jalankan. Ada keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi bisnis yang baru anda mulai, kasarnya meskipun anda tidak mendapatkan bayaran namun anda tetap mengerjakannya. Meskipun penjualan sedang redup atau bisnis anda sepi pengunjung, anda tetap melakukan yang terbaik. Karena membangun usaha sendiri membutuhkan waktu, jarang ada bisnis yang berhasil dalam jangka waktu yang pendek.
  1. Belajar Dari Orang Yang Telah Sukses Lebih Dulu
Perbanyaklah belajar dari orang-orang yang telah sukses terlebih dahulu dan berhasil dari bisnis yang telah mereka jalankan. Ada proses seperti jatuh bangun, ditipu, bisnis sepi pengunjung, produk yang dijual tidak laku. Cerita tersebut bisa dijadikan referensi anda memulai usaha. Mereka yang sukses pernah mengalami masa-masa tersebut, namun berhasil bertahan. Belajar dari pengalaman mereka bisa menjadi pemacu semangat ketika bisnis yang anda jalankan sedang terpuruk. Untuk itu, sering-seringlah ikut seminar bisnis, melihat acara yang berkaitan kisah bisnis dari para pelaku usaha.
  1. Pentingnya Dukungan Keluarga
Keluarga juga harus ikut mendukung, memberikan semangat, masukan untuk terus maju. Karena keluarga lah yang memahami kesulitan yang dihadapi oleh pelaku usaha. Tantangan dalam bisnis bukanlah hal mudah. Untuk itu penting bagi pelaku usaha membicarakan niat ketika ingin membuka sebuah bisnis.