Search

Cara Kerja Search Engine Secara Singkat

Cara Kerja Search Engine Secara Singkat
Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan internet, mungkin google sebagai mesin pencari atau search engine bukan lagi menjadi hal baru. Pencarian informasi sangat cepat dan mudah dengan menggunakan google chrome, mozilla, UC browser, dan masih banyak lagi. Untuk mencari informasi tersebut anda hanya perlu memasukkan kata kunci tertentu sesuai dengan informasi yang akan anda cari dan semua hasil pencarian akan langsung muncul di halaman pencarian. Lalu bagaimana dengan peranan SEO (Search Engine Optimization) bagi search engine? SEO memiliki peranan penting dalam menentukan hasil pencarian yang dilakukan oleh search engine. Bagi anda yang memiliki blog atau website, search engine mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan struktur website yang tertata baik, tentu website yang anda miliki dapat terlihat lebih bagus dan rapi serta dapat membantu mesin pencari yang datang berkunjung ke website tersebut untuk menelusuri dan mengambil informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung. Untuk itu anda perlu memahami cara kerja mesin pencari agar bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan posisi website di hasil pencarian. Setiap mesin pencari mempunyai serangkaian program yang disebut sebagai algoritma. Secara garis besar meliputi sebagai berikut:
  1. Web Crawling - Menjelajahi Internet
Crawling atau perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider. Web crawler berguna untuk menemukan halaman baru yang ditambahkan ke website dan memeriksa apakah terjadi perubahan pada halaman yang disimpan di database mesin pencari.
  1. Indexing - Membangun Index
Merupakan proses pembuatan index untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.
  1. Searching - Proses Pencarian
Ketika melakukan pencarian pada search engine atau mesin pencari, search engine akan memeriksa database index dan memberikan daftar halaman web yang paling cocok menurut kata kunci yang telah anda masukkan tadi.
  1. Calculating Relevancy
Dalam satu halaman web yang pastinya memiliki jumlah lebih banyak dari kata kunci yang telah anda masukkan pada mesin pencari. Sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.
  1. Retrieving Result
Langkah terakhir dalam sistem mesin pencari adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah diproses sebelumnya. Lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser. Jadi, bagi anda para pemilik blog dan website, coba untuk menata kembali situs yang anda kelola. Perbaiki strukturnya dan mengisinya dengan informasi-informasi yang bermanfaat, sebab search engine atau mesin pencari akan mendatangi blog atau website anda secara berkesinambungan, mencatat, kemudian membawa pulang data yang diperoleh dan menyimpannya ke dalam database mesin pencari.