Search

Cara Efektif Dalam Menerapkan Email Marketing Agar Penjualan Meningkat

Cara Efektif Dalam Menerapkan Email Marketing Agar Penjualan Meningkat

Strategi yang ampuh dan cukup efektif dalam meningkatkan penjualan produk barang bisa memakai berbagai cara, sistem dan inovasi. Email marketing jadi salah satu cara dalam online marketing untuk meningkatkan penjualan produk dari sebuah bisnis. Dengan jangkauan yang luas dan juga biaya promosi yang tidak terlalu tinggi, penggunaan email untuk media promosi masih menjadi cara pemasaran favorit bagi para pelaku bisnis. Dalam menerapkan email marketing, hal ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Karena jika anda menggunakan email marketing secara sembarangan, maka bisa jadi tidak efektif dalam mendatangkan pembeli.

Pada dasarnya anda dapat menarik perhatian calon konsumen anda melalui email marketing dengan memperkenalkan dan memberikan penawaran produk yang akan anda jual. Namun seringkali calon konsumen dan pelanggan anda menghapus email promosi yang telah anda kirimkan tanpa dibuka dan dibaca terlebih dahulu. Meskipun begitu, anda tidak perlu berhenti mengirimkan email penawaran pada konsumen dan pelanggan anda. Berkaitan dengan email marketing, berikut blog citos akan berbagi cara efektif dalam menerapkan email marketing agar dapat meningkatkan penjualan produk yang anda tawarkan:

  1. Merencanakan Campaign

Salah satu poin yang paling penting adalah merencanakan campaign dengan matang agar meningkatkan penjualan produk anda. Untuk dapat memaksimalkan efektifitas dari email marketing, anda harus mengetahui benar tujuan dari email marketing yang akan anda kirimkan.

  1. Membuat Detail Daftar Tujuan

Membuat daftar terperinci mengenai apa saja yang nanti akan anda sampaikan melalui email marketing yang akan anda kirimkan pada recipient/target promosi.

  1. Mengenali Target Marketing

Usahakan bahwa anda mengirimkan email marketing tidak secara random, pastikan bahwa anda sedikit mengenali karakter dari penerima email. Sehingga anda dapat mengirimkan email yang kiranya dapat menjawab atau memenuhi kebutuhan si penerima email.

  1. Menciptakan Pesona Dari Produk Yang Anda Promosikan

Tentukan bahasa atau gaya komunikasi yang anda terapkan pada email marketing anda, dan menjadi ciri khas dari brand anda.

  1. Membuat Pesan Yang Sederhana

Dalam membuat email campaign, sangat disarankan anda menggunakan bahasa dan kalimat yang sederhana yang bersifat personal di dalamnya. Selain itu pastikan email yang anda kirimkan bersifat persuasif dan mengarahkan penerima email anda untuk berkunjung ke landing page milik anda.

  1. Mengembangkan Landing Page

Landing page atau blog/website dari brand anda dapat diumpamakan sebagai ruang tamu dari bisnis yang anda jalankan, di mana anda memperkenalkan atau melakukan branding produk anda melalui landing page. Untuk itulah, jika semakin baik tampilan landing page anda, maka semakin besar pula potensi penerima email untuk membeli produk yang anda jual.

Usahakan untuk membuat email marketing lebih personal, menarik, dan dikirim pada waktu yang tepat, dengan cara melakukan percobaan secara terus-menerus hingga anda menemukan moment dan konten yang sesuai untuk dikirimkan.