Search

Cara Booking Kereta Online Cepat dan Murah saat Traveling

Cara Booking Kereta Online Cepat dan Murah saat Traveling

Semua orang tentunya ingin mendapatkan kemudahan dalam segala hal, termasuk untuk traveling. Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum traveling seperti memilih dan memesan moda transportasi yang akan digunakan juga sudah semakin mudah saat ini. Semua bisa dilakukan dalam genggaman dengan cepat dan mudah. Bagaimana caranya? Tidak perlu pusing, untuk memperolehnya bisa menggunakan aplikasi yang tersedia untuk gadget Anda.

Semuanya dapat kamu lakukan secara online, selain lebih cepat harga yang ditawarkan terkadang lebih murah karena ada potongan harga dari kode promo yang kamu dapatkan dari aplikasinya. Masih bingung bagaimana cara booking melalui aplikasi traveling?

Yuk, simak penjelasan lebih lengkap cara booking moda transportasi kereta api melalui aplikasi traveling seperti berikut:

  1. Mencari jadwal
    Cara booking kereta online cukup mudah dan kamu dapat memilih pembelian tiket KAI atau Railink. Setelah itu kamu cukup mengisikan data yang diminta untuk keperluan perjalanan. Yang dibutuhkan seperti kota awal, kota tujuan, tanggal berangkat, tanggal pulang (untuk perjalanan pulang-pergi) serta jumlah penumpang. Jumlah penumpang ada 2 yaitu dewasa (di atas 3 tahun) serta bayi (kurang dari 3 tahun). Untuk penumpang bayi tidak mendapatkan tempat duduk.
    Setelah diisi sesuai tujuan, tekan tombol Cari Tiket yang berada di bagian bawah. Dan akan berlanjut ke proses berikutnya.
  2. Pilih perjalanan
    Cara booking kereta online yang selanjutnya adalah memilih perjalanan kereta yang sudah tersedia berdasarkan tanggal yang sudah kamu pilih sebelumnya. Kalau kamu memilih perjalanan pulang-pergi tentukan juga perjalanan kereta untuk pulang.
    Mulai dari nama kereta, harga, sisa kursi hingga waktu berangkat dan tiba di kota tujuan akan tertera di bagian ini. Setelah menentukan pilihan, tekan kereta perjalanan yang kamu pilih dengan tekan tombol Pesan.
  3. Pemesanan
    Setelah melakuan cara booking kereta online yang sebelumnya, sekarang kamu akan diberikan Ringkasan Pemesanan. Periksa sekali lagi apakah ada kesalahan atau tidak. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pembelian tiket. Jika semuanya sudah sesuai tekan tombol Pesan.
    Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi seperti, nama penumpang serta nomor identitas dari penumpang. Pastikan saat mengisi nama yang ditulis sesuai dengan nama yang ada di kartu identitas. Simpan identitas kamu yang sudah diisikan untuk ke langkah selanjutnya, kemudian tekan tombol Pesan.
  4. Pembayaran
    Jangan khawatir, cara booking kereta online akan segera selesai. Sebelum melakukan pembayaran kamu diberikan kesempatan untuk mengganti nomor kursi. Kalau tidak ada yang ingin kamu ubah tekan tombol Lakukan Pembayaran.
    Setelah itu, pilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Ada 4 pilihan, yaitu bank transfer dan ATM, kartu kredit, internet banking, dan swalayan. Tekan tombol Lanjutkan Pembayaran untuk melanjutkan pembayaran dan jangan lupa untuk segera membayar. karena ada batas waktu untuk membayar yaitu tidak lebih dari 1 jam.
  5. E-Tiket dikirimkan
    Cara booking kereta online sudah pada langkah terakhir. E-tiket akan secara otomatis terkirim ke alamat email, maksimal 60 menit setelah kamu melakukan pembayaran. Dan kamu cukup menunjukan kode booking kepada petugas atau memasukan kode booking ke mesin pencetak tiket kereta api. Paling terakhir adalah nikmati traveling tanpa ada kendala masalah perjalanan.

Mudah bukan cara booking kereta online melalui aplikasi traveling? Sebelum melakukan langkah di atas, jangan lupa untuk unduh dan daftar masuk ke dalam aplikasi untuk mendapatkan info promo agar dapat potongan harga.

Selamat traveling dan semoga bermanfaat.