Search

Cara Agar Tidak Kehilangan Pelanggan Setia

Cara Agar Tidak Kehilangan Pelanggan Setia

Semakin tingginya minat masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan wisata secara langsung meningkatkan juga transaksi tiket pesawat dan tiket kereta api. Apalagi sekarang ini pembelian tiket dapat dilakukan dengan mudah, karena sudah semakin banyaknya layanan jasa yang bekerja dalam bidang travel agen online. Melalui jaringan internet layanan tersebut dapat memudahkan dalam membeli tiket pesawat jauh hari sebelum hari keberangkatan.

Jika anda mempunya bisnis travel agen online, anda tentu menginginkan konsumen tetap setia dan membeli tiket pesawat maupun kereta api pada travel agen anda. Seperti sebuah kata bijak yang menyebutkan: Mempertahankan jauh lebih sulit. Tidak sedikit kompetitor dalam bisnis travel agen online, ada banyak perusahaan travel agen yang memberikan penawaran terbaik, oleh karena itu anda harus memiliki strategi pelayanan yang bagus dan dapat mempertahankan pelayanan terbaik anda pada konsumen. Agar konsumen tetap menggunakan bisnis travel agen online anda.

Perhatikan beberapa cara berikut ini agar pelanggan tetap setia:

  • Memberikan layanan pendukung dengan lebih baik

Seperti kata pepatah: Pembeli adalah raja, konsumen yang membeli tiket pada travel agen anda adalah bak seorang raja, di mana anda harus mampu memberikan pelayanan terbaik pada mereka. Oleh karena itu sebaiknya anda selalu meningkatkan sistem pelayanan yang jauh lebih baik lagi dari para pesaing bisnis anda.

  • Jangan abaikan survey pelanggan

Melakukan survey adalah salah satu cara untuk mengetahui kebutuhan pelanggan. Anda bisa memberikan pertanyaan secara random kepada konsumen terkait pelayanan yang sudah diberikan baik melalui kotak saran maupun melalui email konsumen yang sudah terdata. Jangan marah jika konsumen memberikan memberikan penilaian yang buruk pada bisnis anda, karena biasanya konsumen yang sedang marah akan memberikan input yang baik untuk memperbaiki segala kekurangan dari bisnis travel agen yang anda miliki. Dengan begitu anda bisa memperbaiki sistem pelayanan yang lebih baik untuk konsumen, agar mereka selalu membeli jasa tiket online melalui bisnis anda.

  • Jangan menurunkan kualitas pelayanan pada konsumen

Bagi para pelaku bisnis, memiliki usaha yang sudah berkembang dan mapan biasanya mudah terlena. Hal itu dapat di lihat dari dengan mudahnya pelaku bisnis mengurangi kualitas pelayanan pada konsumen. Hal tersebut dapat membuat konsumen berpaling untuk tidak menggunakan lagi bisnis jasa layanan anda. Misalnya anda memberikan layanan member pada konsumen, jika konsumen belum membayar iuran bulanan, jangan menurunkan layanan anda pada konsumen. Justru konsumen akan meninggalkan anda karena pelayanan yang kurang memuaskan.

  • Memberikan diskon pada konsumen tertentu

Anda dapat memberikan diskon khusus pada pelanggan yang telah membeli tiket pada anda dalam jumlah tertentu. Atau memberikan poin jika pelanggan sudah membeli dengan jumlah maksimum. Dan poin tersebut dapat di tukar dengan kupon potongan diskon harga.

  • Meminta saran pada konsumen sudah berhenti berlangganan

Tidak sedikit pelaku bisnis yang tidak tahu kenapa pelanggan dan konsumen meninggalkan bisnis anda. Tidak ada salahnya anda bertanya pada mantan pelanggan anda, hal tersebut dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk jasa yang anda jual.

Jangan pernah ragu untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik anda pada konsumen. Loyalitas pelanggan akan memberikan keuntungan besar bagi bisnis travel agen anda.