Search

Cara Agar Bisnis Dapat Bertahan Di Era Digital

Cara Agar Bisnis Dapat Bertahan Di Era Digital
Memulai sebuah bisnis memang bukan hal yang mudah namun juga bukan hal yang sulit, apalagi di era yang serba digital sekarang ini. Sebuah bisnis dikatakan sukses atau tidak bukan hanya dari bagaimana perjalanan bisnis itu selama setahun, dua tahun atau tiga tahun. Melainkan bagaimana bisnis itu dapat terus berjalan dan berkembang secara berkelanjutan. Ketatnya persaingan di lingkup ekonomi menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha. Sebagai pelaku usaha yang sudah terbiasa menjalankan bisnis secara konvensional atau offline, anda perlu membangun strategi digital untuk meningkatkan usaha anda sekaligus menghadapi persaingan bisnis. Kompetitor baru siap menggantikan posisi anda setiap saat. Jika anda tidak mengikuti arus tren yang sedang berlangsung sekarang ini dan permintaan pasar yang cepat berganti, kompetitor anda yang akan melakukannya. Agar dapat bertahan dan berkembang di era digital, lakukan beberapa cara berikut ini:
  1. Kreativitas
Pelaku usaha yang mampu bertahan dalam menghadapi perkembangan zaman adalah mereka yang memiliki kreativitas dalam berbisnis. Sebuah produk mungkin memiliki permintaan yang tinggi di pasar, namun jika pelaku usaha tidak bisa melakukan inovasi produk atau layanan jasa, ia akan tertinggal dari kompetitor lain yang menjual produk yang sama namun memiliki kelebihan lain yang lebih maju dan sesuai dengan perubahan jaman.
  1. Estetika
Mempunyai bisnis online berarti berkaitan dengan visual, artinya sesuatu yang dapat dilihat dan dapat menarik minat konsumen. Konten yang visual dapat ditunjukkan dengan desain bisnis online. Pelaku usaha harus mampu menunjukkan rasa estetika saat mendesain toko online. Tampilan harus dibuat semenarik mungkin dan diperbaharui secara berkala.
  1. Menjalin Hubungan Baik Dengan Konsumen
Penggunaan media sosial bukan hanya sebagai tempat untuk berpromosi dan menjual produk saja. Pelaku usaha yang menggunakan media sosial hanya untuk berjualan saja tidak akan mampu bertahan menghadapi kompetitor dalam jangka waktu yang lama. Sebagai pelaku usaha anda perlu menggunakan media sosial untuk menjalin kedekatan dengan konsumen. Jika anda dekat dengan konsumen, maka konsumen akan tetap setia pada anda meskipun banyak kompetitor yang menjual produk yang sama.
  1. Melek Teknologi
Cara yang paling efektif dalam mengikuti perkembangan jaman adalah dengan menggunakan teknologi terbaru. Dalam bisnis online, pelaku usaha harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang dapat menunjang bisnisnya. Kemauan dan kemampuan pelaku usaha untuk melek teknologi juga termasuk faktor penting yang dapat menunjang kestabilan bisnis online. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, sebagai pelaku usaha anda harus mampu mengikutinya agar tetap bertahan di era digital seperti sekarang ini. Karena apabila anda tidak mampu mengikuti perkembangan jaman, maka anda akan kalah bersaing dengan kompetitor anda.