Search

Buah-Buahan Yang Cocok Untuk Buka Puasa Pada Bulan Ramadhan

Saat berpuasa, tubuh kita mengalami banyak perubahan, termasuk dalam hal kerja enzim. Enzim yang biasanya dihasilkan oleh sistem pencernaan perlahan-lahan berkurang bergantung pada berapa lama kita berpuasa. Sehingga jika anda mengkonsumsi jenis makanan yang cenderung membuat perut mengalami iritasi, anda lebih mungkin akan mengalami gangguan pada pencernaan anda.

Buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa, namun ada beberapa buah yang harus dihindari karena memiliki kandungan asam yang tinggi. Buah-buahan yang mengandung rasa asam akan menimbulkan rasa dakit dan perasaan yang tidak nyaman. Berikut adalah beberapa jenis buah-buahan yang yang sehat untuk berbuka puasa pada bulan Ramadhan yang akan datang dalam hitungan hari:

  1. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, dan vitamin C yang dapat mengurangi asam lambung. Selain mengurangi asam lambung, juga dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Sehingga cocok untuk di konsumsi ketika bulan Ramadhan.

  1. Pepaya

Tekstur daging buah pepaya yang lembut, membuatnya mudah di cerna oleh tubuh. Buah pepaya mengandung vitamin A dan C yang tinggi, kedua vitamin tersebut cocok untuk tubuh anda.

  1. Apel

Buah ini selalu menjadi andalan orang-orang yang sedang melakukan diet, karena kandungan mineral dan kadar airnya yang tinggi. Sehingga membantu anda terhindar dari dehidrasi. Mengkonsumsi apel sebaiknya di makan beserta kulitnya, karena mengandung anti-oksidan quercetin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh.

  1. Kurma

Buah Kurma mengandung glukosa yang mudah di serap oleh tubuh. Oleh karena itu, buah kurma baik di konsumsi saat berpuasa. Kurma juga mengandung vitamin A, thiamin, dan zat besi. Selain itu kurma juga mengandung mineral, magnesium dan kalium yang baik bagi kinerja tubuh. Di tambah lagi serat kurma yang baik untuk proses pencernaan.

  1. Blewah

Buah ini kaya dengan vitamin A. Mengkonsumsi buah ini dapat membantu menyerap racun yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu blewah juga dapat mengatasi rasa mual karena stress. Itulah sebabnya blewah banyak disajikan sebagai takjil atau makanan untuk berbuka saat bulan Ramadhan.

  1. Semangka

Buah yang satu ini mampu di cerna dan juga dapat memberikan nutrisi dan energi pada tubuh anda. Saat berbuka sangat cocok disajikan sebagai jus buah segar maupun dapat di makan sebagai makanan pembuka setelah seharian berpuasa.

  1. Melon

Sama halnya dengan blewah dan semangka, melon termasuk jenis yang sama. Karena itu buah-buahan ini memiliki bentuk yang hampir sama. Melon dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan thiamin untuk tubuh anda.

Baiknya saat berpuasa hindari buah nanas dan jeruk, karena mengandung zat asam yang tinggi dan tidak baik bagi tubuh anda. Cukup berbahaya bagi anda yang memiliki sakit maag atau mempunyai asam lambung tinggi.

Buah-buahan tersebut sangat mudah anda dapatkan di pasar tradisional, harganya pun cukup terjangkau. Tapi selain mengkonsumsi buah-buahan di atas anda juga perlu menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Sehingga ibadah puasa anda akan berjalan lancar selama bulan Ramadhan.