Search

Berpetualang Air Terjun di Medan

Berpetualang Air Terjun di Medan

Kota Medan adalah ibukota provinsi Sumatera Utara dan merupakan kota besar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Medan adalah kota pertama di Indonesia yang mengintegrasikan bandara dengan kereta api. Berbatasan dengan Selat Malaka menjadikan Medan kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia.

Namun kali ini kita tidak akan membahas traveling di kota Medan, tapi di wisata alam sekitar kota Medan. Alam Sumatera menyimpan banyak keindahan yang tidak bisa ditemui di tempat lain dan sayang sekali kalau kamu berada di Medan tanpa menjelajahi keindahan alam di sekitarnya.

Salah satu wisata alam yang menarik untuk dikunjungi adalah air terjun. Perpaduan antara tebing yang hijau, air yang jatuh dari ketinggian dan kolam air yang jernih akan menyegarkan jiwa dan raga. Apa saja air terjun di Medan? Yuk simak di tulisan berikut.

Air terjun Sipiso-piso
Air terjun ini adalah salah satu wisata paling populer di Kabupaten Karo. Dengan tinggi 120 meter di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl, air terjun Sipiso-Piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Sipiso-piso juga terkenal bagi wisatawan mancanegara. Wisatawan dari berbagai negara seakan tidak pernah berhenti berdatangan dan berdecak kagum pada pesona air terjun ini.

Kamu bisa menyaksikan keindahan pemandangan penuh Air Terjun Sipiso-piso dari gardu pandang yang berada di puncak bukit. Kemudian kamu bisa turun menyusuri anak tangga untuk menuju dasar air terjun. Di dasar air terjun yang dikelilingi dengan rimbunnya pepohonan pinus dan gemuruh suara air akan menyegarkan pikiranmu.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit
Nama Dua Warna, menjadikan siapa pun penasaran apakah benar air terjun ini benar-benar memiliki dua warna?

Air Terjun Sibolangit ini benar-benar memiliki dua warna air, yaitu putih keabuan dan biru. Warna biru terdapat dalam air yang berdiam di kolam sementara warna putih terdapat dalam air yang memancar dari atas. Perpaduan dua warna ini disebabkan oleh kandungan fosfor dan belerang di dalam air.Bukan cuma warnanya yang berbeda, kedua warna air tersebut pun memiliki suhu yang berbeda. Air biru memiliki suhu yang dingin sementara air berwarna putih keabuan memiliki suhu yang hangat.

Untuk mencapai air terjun ini kamu harus menyusuri hutan dan trek yang cukup terjal. Agar tidak tersesat saat menembus hutan dan untuk keselamatan, sangat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu lokal yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Air Terjun Tangkahan
Air Terjun Tangkahan berada di kawasan wisata Tangkahan Kabupaten Langkat. Meskipun cuma setinggi 3 meter, air terjun ini aliran airnya segar dan hangat, cocok untuk mandi-mandi menghilangkan lelah.

Karena berada di kawasan wisata, maka banyak wahana dan kegiatan yang ada di sini. Mulai dari bermain dengan gajah, menikmati Danau Bah Alip dari atas hammock atau bersantai dengan banana float dan menyusuri Sungai Batang Serangan yang memiliki arus deras.

Terlalu lelah untuk pulang? Jangan khawatir. Kamu bisa menyewa kamar untuk bermalam. Karena memang berada di dalam kawasan wisata, kamu bisa menemukan penginapan di Tangkahan.

Air Terjun Efrata
Secantik namanya, Air terjun Efrata adalah permata yang tersembunyi di balik perbukitan dan rimbunnya pepohonan Danau Toba. Keindahan air terjun Efrata yang masih alami menawarkan suasana damai.

Air Terjun Efrata memiliki tumpahan air yang kuat, bahkan lebih kuat lagi saat musim hujan dan airnya bersumber dari pegunungan Bukit Barisan. Dengan alam sekitar yang hijau dan sejuk menenangkan, kamu bisa melihat keindahan pemandangan air terjun di satu sisi dan Danau Toba di sisi lain. Kamu juga bisa berkemah di sini karena tersedia area untuk mendirikan tenda.

Kamu juga akan menemukan pemukiman warga di sekitar lokasi air terjun, jadi tidak perlu takut sepi.

Itu dia 4 air terjun di sekitar Medan yang harus kamu kunjungi kalau kamu mencari wisata alam.

Yuk, segera rencanakan liburanmu ke sana.