Search

Berburu Buka Puasa Gratis Di Masjid-Masjid Di Yogyakarta Pada Bulan Ramadhan

Berburu Buka Puasa Gratis Di Masjid-Masjid Di Yogyakarta Pada Bulan Ramadhan
Sudah menjadi tradisi tersendiri masjid-masjid di Daerah Istimewa Yogyakarta menyediakan menu buka puasa secara gratis. Siapa yang dapat menolak rejeki di bulan Ramadhan. Apalagi Yogyakarta di kenal dengan sebutan kota pelajar. Banyak mahasiswa dan pelajar yang memanfaatkan moment ini untuk mendapatkan makanan buka puasa secara gratis. Tapi bukan hanya kalangan pelajar dan mahasiswa saja yang memanfaatkan moment ini, banyak juga masyarakat di Yogyakarta yang datang ke masjid-masjid untuk berbuka puasa di masjid-masjid yang menyediakan menu untuk buka puasa secara gratis. Kebanyakan masjid memang hanya menyediakan menu buka puasa seperti air mineral, kurma, bubur, atau makanan manis lainnya. Tapi ada beberapa masjid yang menyediakan makanan besar juga untuk para jamaah dan masyarakat luas serta menu yang disediakan pun cukup lezat untuk dinikmati. Berikut beberapa diantaranya:
  • Masjid Gedhe Kauman
Masjid ini letaknya di barat alun-alun utara Yogyakarta. Saat bulan Ramadhan ada hidangan khusus yang disajikan pada hari kamis, pihak Keraton Yogyakarta akan memasak menu tongseng dan gulai kambing untuk berbuka puasa.
  • Masjid Jogokaryan
Masjid yang terletak di Jalan Jogokaryan No. 36 Yogyakarta ini pun tak mau ketinggalan. Berbagai acara yang meramaikan Ramadhan pun di gelar di sana, pasar Ramadhan di sepanjang jalan menuju Masjid Jogokaryan hingga menu makanan buka puasa yang telah disediakan Masjid Jogokaryan mulai dari rawon, soto, gudeg, sop ayam, bahkan sayur asem, pihak masjid sendiri menyiapkan sekitar 1200-1500 porsi perharinya.
  • Masjid Kampus UGM
Kebanyakan yang singgah di masjid ini adalah mahasiswa dan pelajar karena memang letaknya yang berada di wilayah kampus. Di sepanjang jalan menuju Masjid UGM terdapat banyak penjual makanan untuk buka puasa. Karena masjid kampus dan pengunjung yang datang lebih banyak dari kalangan mahasiswa, maka sistem pemberian menu buka puasa pun disesuaikan. Pada 10 hari pertama 1000 porsi, 10 hari kedua 750 porsi dan 10 hari terakhir 500 porsi. Pada umumnya mahasiswa semakin berkurang pada hari-hari menjelang akhir bulan Ramadhan.
  • Masjid Kampus Ahmad Dahlan
Seperti Masjid UGM, Masjid Kampus Ahmad Dahlan juga menyediakan menu untuk berbuka puasa secara gratis. Mulai dari tongseng, rica-rica enthok, ada dalam daftar menu Masjid Kampus Ahmad Dahlan.
  • Masjid Nurul Islam
Terletak di Jalan Kaliurang Km. 6,5 dan selalu ramai waktu berbuka puasa, karena ada nasi padang yang selalu disediakan oleh Masjid Nurul Islam. Hal tersebut tidak mengherankan karena terdapat rumah makan padang di sebelah masjid.
  • Masjid At-Taqwa Minomartani
Masjid ini terletak di Minomartani, Sleman. Setiap bulan Ramadhan mendatangkan pembicara-pembicara ternama tingkat nasional, bahkan dua tahun lalu mengadakan seminar kepenulisan bersama Tere Liye. Untuk menu buka puasanya disajikan secara prasmanan, dimana anda dapat mengambil makanan sesuai selera anda, 10 hari terakhir bulan Ramadhan juga disediakan menu untuk sahur.
  • Masjid Syuhada
Beralamat di Jalan I Gede Nyoman Oka No. 13, Kota Baru, Yogyakarta. Masjid yang di bangun tahun 1950-an ini juga mengadakan berbagai macam kegiatan, mulai dari kajian menjelang berbuka hingga lomba untuk anak-anak dan program edukasi lainnya, yang tidak ketinggalan tentu saja program buka puasa gratis. Jadi bagaimana? Mau berbuka puasa di mana? Selain dapat meningkatkan isi tabungan anda juga dapat beribadah di masjid menjelang buka puasa, jangan hanya mencari menu gratisan saja.