Search

Berbagai Jenis Penginapan Dan Kriterianya Masing-Masing

Berbagai Jenis Penginapan Dan Kriterianya Masing-Masing

Akomodasi atau yang biasa disebut dengan penginapan adalah sebuah tempat yang difungsikan sebagai tempat tinggal sementara bagi orang yang sedang berada dalam perjalanan atau berlibur, di mana orang tersebut diharuskan untuk berada atau jauh dari rumah dengan durasi waktu lebih dari satu hari. Penginapan harus memenuhi standar, setidaknya memiliki kelayakan tempat tidur, tempat istirahat, faktor keselamatan, fasilitas penyimpanan barang, serta terlindung dari panas dan dinginnya udara.

Di Indonesia terdapat banyak jenis penginapan, yang membedakannya adalah fitur, kondisi, kenyamanan, keamanan serta harga yang sangat bervariatif.

Berikut adalah berbagai jenis penginapan beserta kriterianya masing-masing:

  • Hotel

Hotel merupakan bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan untuk setiap orang untuk memperoleh pelayanan penginapan lengkap dengan makan dan minum serta jasa umum lainnya. Hotel dikasifikasikan lagi menjadi beberapa kelas berdasarkan fasilitas dan pelayanan yang didapatkan oleh tamu hotel. Ada hotel berbintang dan hotel biasa (melati).

  • Losmen

Pada umumnya penginapan ini berbentuk rumah dan disewakan per kamar. Biasanya terdapat bangunan utama yang ditinggali oleh pemilik atau pengelola losmen tersebut.

  • Motel

Motel berasal dari kata Motor dan Hotel, yang diartikan sebagai penginapan yang menghubungkan dua kota. Bangunan motel biasanya terletak di perbatasan kedua kota, atau di daerah jalan tol yang menghubungkan dua kota besar.

  • Hostel

Hostel yakni penginapan yang harganya relatif lebih murah dari Hotel dan biasanya diperuntukan bagi grup atau para pelajar yang sedang melakukan perjalanan wisata. Dan dalam satu kamar bisa diisi empat sampai enam orang dengan kamar mandi luar dan dipakai secara bersama-sama dengan beberapa kamar lainnya.

  • Bed and Breakfast

Penginapan dengan fasilitas hanya tempat tidur dan sarapan saja. Jadi tidak ada fasilitas tambahan lainnya seperti ruang pertemuan, ballroom, spa, tempat olahraga dan sebagainya. Tentu harga yang ditawarkan semakin murah.

  • Guest House atau Wisma Tamu

Guest House merupakan versi mini dari hotel. Sesuai dengan namanya, penginapan ini dirancang sedemikian homy, sehingga tamu merasa sedang berada di rumahnya sendiri. Pemilik hotel juga tinggal di rumah yang sama. Terdapat fasilitas seperti televisi, dapur, dan ruang tamu yang merupakan fasilitas umum dan dapat digunakan bersama dengan pemilik rumah.

  • Apartemen

Adalah jenis akomodasi yang disediakan untuk jangka waktu yang panjang (dalam hitungan, minggu, bulan atau tahun). Dengan menyediakan fasilitas; kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dapur dalam satu unit.

  • Sanatorium atau Sanitorium

Merupakan tempat penginapan yang menyediakan hidangan secara khusus bagi wisatawan atau pengunjung dengan kondisi kesehatan tertentu.

  • Pension

Tempat penginapan jenis ini banyak ditemukan di Eropa. Rumah peristirahatan yang mirip dengan hotel kecil ini menyediakan fasilitas penginapan dan makanan dengan harga terjangkau. Selain itu perlengkapan yang disediakan juga disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan tamu.

  • Homestay

Adalah sebuah penginapan atau tempat tinggal yang terdapat di tengah-tengah pemukiman warga. Homestay biasanya disewakan dalam jangka waktu lama, biasanya pemilik rumah tinggal jauh dari homestay yang dimilikinya.

  • Bungalow

Penginapan jenis ini biasanya berupa bangunan berbentuk rumah-rumah yang berlokasi jauh dari pusat keramaian dan biasanya terletak di daerah pegunungan yang menawarkan keindahan alam dan suasana yang sejuk.

  • Villa

Pada umunya penginapan jenis ini disewakan dalam bentuk rumah secara lengkap, terdapat kamar tidur, ruang keluarga, dapur dan ruang tamu. Villa biasanya ditemukan di daerah-daerah yang menawarkan keindahan alam, seperti di Bali, Puncak Bogor, Batu Malang, dan tempat-tempat indah lainnya.

  • Cottage

Penginapan ini mirip dengan villa, namun biasanya berupa bangunan seperti pondok atau rumah kecil sederhana yang terpisah-pisah. Lokasinya biasanya di daerah-daerah dekat pantai atau danau yang mengandalkan pemandangan alam.

  • Resort

Resort biasanya terletak jauh dari pusat keramaian kota. Kebanyakan resort terdapat di tempat tujuan wisata yang jauh dari kota. Lokasinya biasanya di area pantai atau pegunungan dengan udara yang sejuk. Resort biasanya memiliki bangunan yang luas dan menawan serta dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman yang dapat menunjang liburan para wisatawan.

Semoga penjelasan di atas dapat memudahkan anda untuk mencari tempat penginapan untuk liburan bersama teman atau pun keluarga.