Search

Beberapa Tips Dalam Menjaga Keamanan Saat Menginap Di Hotel

Beberapa Tips Dalam Menjaga Keamanan Saat Menginap Di Hotel

Menginap di hotel juga perlu meningkatkan kewaspadaan, karena bisa saja ada sebagian hotel yang kurang aman jika anda membawa barang-barang berharga. Barang berharga bukan hanya berupa emas dan permata atau surat-surat berharga lainnya. Uang mungkin menjadi salah satu barang berharga yang paling rentan dicuri pada waktu menginap di hotel. Untuk itu keselamatan dan keamanan hotel menjadi hal yang penting saat anda bepergian.

Meskipun hotel menjamin keamanannya, akan tetapi sesuatu yang tidak bisa diperkirakan bisa saja terjadi, seperti; perampokan, kebakaran, bencana alam dan lain sebagainya. Walau anda menginap di hotel bintang lima sekali pun, hal tersebut bisa saja terjadi. Dan tentu saja anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi.

Berikut beberapa tips untuk anda agar tetap aman dan nyaman saat menginap di hotel:

  1. Lakukan Pemeriksaan

Periksa ulasan mengenai hotel di mana tempat anda menginap, melalui situs layanan booking hotel atau pun melalui google dengan kata kunci keamanan hotel atau kata kunci lainnya yang terkait dengan review dari tamu hotel yang pernah menginap di hotel tersebut.

  1. Kunci Dan Simpan Koper Di Tempat Yang Tidak Mudah Terlihat

Jangan biasakan untuk menaruh koper di tempat yang terbuka seperti tempat tidur atau tepat lain yang mudah terlihat. Kuncilah koper dan simpan di tempat yang tidak mudah di lihat, seperti di bawah tempat tidur atau di dalam lemari.

  1. Amankan Laptop Gadget Anda Dengan Kabel Keamanan

Lebih baik bagi anda tidak meninggalkan laptop di dalam kamar. Namun jika terpaksa, ada baiknya anda menggunakan kabel keamanan dan mengaitkannya pada bagian kamar yang sulit dibuka atau dibongkar. Misal; pipa di bawah wastafel kamar mandi.

  1. Simpan Barang Berharga Atau Uang Anda Di Brankas Kamar Hotel

Jika anda ingin menaruh barang berharga anda di dalam kamar hotel, pastikan hotel tersebut mempunyai asuransi untuk kehilangan barang, jika anda kehilangan barang dari kamar hotel anda maka anda akan mendapatkan ganti rugi dari pihak hotel. Kebanyakan hotel memiliki asuransi kehilangan barang yang disimpan di dalam brankas.

  1. Periksa Perangkat Keselamatan Kebakaran

Alarm asap dan penyiram air jika terjadi kebakaran harus ditempatkan di kamar hotel, lorong-lorong dalam hotel dan ruang rapat. Ketika anda akan menginap di hotel tersebut pastikan mereka memilikinya dan memasang perangkat keselamatan hotel tersebut sesuai standar keselamatan yang berlaku.

  1. Pilih Hotel Yang Menggunakan Kunci Kartu Elektronik

Ini berarti kode di dalam kunci elektronik akan selalu diubah ulang untuk setiap tamu yang baru, sehingga tidak akan ada orang yang memiliki kartu kunci yang sama.

Demikian sedikit tips bagi anda untuk tetap menjaga keamanan ketika menginap di hotel, meskipun hotel menjamin keamanan barang anda. Semoga bermanfaat!