Search

Beberapa Sarana Yang Terdapat Di Stasiun Kereta Api

Beberapa Sarana Yang Terdapat Di Stasiun Kereta Api

Mudik menjadi ritual rutin tiap tahun bagi masyarakat Indonesia, banyak jenis moda transportasi yang bisa anda gunakan dalam melakukan sebuah perjalanan, dan kereta api menjadi salah satu transportasi favorit masyarakat, terutama pada saat menjelang lebaran. Kereta api dapat memberikan rasa aman, nyaman dan sampai di tempat tujuan tepat waktu.

Suara deru kereta api, peluit melengking, dan suara gerak langkah kaki penumpang. Begitu kira-kira gambaran suasana stasiun kereta api. Stasiun kereta api adalah tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang serta barang dari dan ke stasiun tujuan. Pelataran parkir kendaraan penumpang, tempat penjualan tiket, kantin dan warung makan di stasiun kereta api adalah beberapa hal yang biasa kita temui di sana. Namun, ketika anda memilih untuk bepergian ke luar kota dengan menggunakan moda transportasi kereta api, anda akan menemui beberapa sarana yang tidak dapat ditemui pada tempat pemberhentian transportasi lainnya.

  1. Peron

Merupakan tempat naik turun penumpang kereta api di stasiun. Ada dua macam konstruksi lantai peron, yaitu yang di buat sebelum Perang Dunia II berlantai rendah dan yang dibangun setelah kemerdekaan Indonesia yang umumnya berlantai lebih tinggi. Pada stasiun besar, terdapat dua macam peron tersebut.

  1. Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA)

Merupakan petugas yang mengatur perjalanan kereta api dalam suatu wilayah tertentu. Dalam istilah perkereta-apian di kenal dengan semboyan 40-41, yaitu saat seorang PPKA mengangkat papan berwarna hijau sebagai tanda untuk memberi ijin pada kereta api untuk berangkat. Di stasiun kereta api terdapat ruang kendali PPKA, ruangan ini adalah jantung operasional pelayanan kereta api. Dari ruangan ini petugas mengawasi lintasan kereta api mana yang akan di lalui setiap kereta, baik masuk maupun keluar stasiun.

  1. Wesel

Yang di maksud di sini bukan wesel dari kantor pos, kata wesel berasal dari bahasa Belanda yaitu wissel yang artinya konstruksi rel kereta api yang bercabang (bersimpangan), tempat untuk memindahkan alur jalan kereta api. Wesel terdiri dari sepasang rel yang ujungnya diruncingkan sehingga dapat melancarkan perpindahan jalur satu ke jalur lainnya dengan menggeser bagian rel yang runcing.

  1. Sinyal Kereta Api

Berupa menara kecil yang berfungsi untuk memberikan isyarat berupa bentuk, warna atau cahaya yang ditempatkan pada suatu tempat tertentu yang memberikan isyarat dengan arti tertentu untuk mengatur dan mengontrol pengoperasian kereta api.

Stasiun besar biasanya diberi perlengkapan yang lebih banyak dari pada stasiun kecil untuk menunjang kenyamanan penumpang. Sarana komunikasi, dipo lokomotif dan sarana pengisian bahan bakar.

Penyelenggaraan moda transportasi, terutama di perkereta-apian haruslah mendapatkan pelayanan serta perhatian khusus, mengingat bahwa kereta api ini merupakan moda transportasi massal yang memiliki jalur yang berbeda dari transportasi darat lainnya. Sebagai pengguna moda transportasi ini sebaiknya kita juga menjaga beberapa sarana di atas demi kenyamanan dan keselamatan dalam melakukan perjalanan.