Search

Beberapa Istilah Dalam Pemesanan Hotel Yang Perlu Anda Tahu

Sejumlah istilah dalam seputar dunia perhotelan terdengar asing bagi sebagian orang. Bagi anda yang belum pernah memesan hotel sebelumnya atau anda yang memiliki travel agen online dengan sistem booking hotel akan bingung saat menemukan istilah-istilah tertentu pada proses pemesanan hotel untuk pertama kalinya. Lalu istilah apa saja dalam dunia perhotelan yang perlu anda ketahui?

Berikut adalah beberapa istilah dalam memesan hotel yang perlu anda ketahui:

  1. Perbedaan Hotel dan Hostel

Hotel dan Hostel merupakan dua kata yang berbeda dan memiliki arti yang berbeda juga. Bedanya ada di masing-masing fasilitas yang disediakan. Hostel dikenal dengan tarif lebih rendah dibandingkan dengan hotel, karena perbedaan fasilitas yang diberikan. Di hostel, dalam satu kamar terdapat beberapa tempat tidur baik tempat tidur bertingkat maupun tidak. Dan hal tersebut tentu berbeda dengan hotel yang pada tiap kamarnya boleh ditempati oleh maksimal dua atau tiga orang tamu saja. Untuk fasilitas kamar mandinya pun berbeda, pada hostel biasa menyediakan sharing bathroom atau satu kamar mandi yang dipakai oleh beberapa kamar pada hostel, fasilitas untuk sarapan pun tidak selalu disediakan di sini.

  1. Free Cancellation dan Non Refundable

Pada saat akan memesan hotel, terdapat keterangan free cancellation dan non refundable yang tertera pada setiap kamar yang akan dipesan. Kamar dengan keterangan free cancellation artinya jika pesanan kamar dibatalkan, maka anda bisa mendapatkan uang anda kembali. Sedangkan pada kamar non refundable, jika anda membatalkan pesanan kamar anda, maka uang anda tidak dapat dikembalikan dan akan hangus begitu saja. Biasanya kamar refundable memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamar non refundable. Jika anda ingin melakukan perjalanan dalam waktu dekat dan sudah pasti dengan perjalanan anda, sebaiknya anda memilih kamar non refundable yang lebih murah. Sedangkan jika anda akan melakukan liburan dan masih lama, lebih baik anda memilih kamar free cancellation, karena anda tidak pernah tahu apakah perjalanan liburan anda akan berlanjut atau dibatalkan karena ada kepentingan yang tidak bisa ditunda.

  1. Perbedaan Doube Bed dan Twin Bed

Double bed merupakan satu tempat tidur dengan memiliki lebar dua single bed jika digabungkan menjadi satu. Sedangkan twin bed adalah istilah untuk menyebut kamar yang mempunyai dua tempat tidur dengan ukuran single bed. Jika anda menginap sendiri sebaiknya anda memilih double bed yang berisi satu kasur dengan ukuran besar. Namun jika anda menginap berdua dengan teman, sebaiknya anda memilih twin bed yang menyediakan dua tempat tidur dengan masing-masing single bed.

  1. Perbedaan Adjoining Room dan Connecting Room

Merupakan istilah dalam perhotelan yang cukup familiar bagi tamu yang berlibur bersama keluarga dan rombongan. Adjoining room merupakan dua kamar yang bersebelahan dan dipisahkan oleh tembok saja tetapi memiliki pintu masing-masing, kamar jenis ini biasanya dipesan oleh tamu keluarga atau rombongan yang memiliki anak remaja. Kamar adjoining room memiliki privasi masing-masing pada setiap kamar meskipun posisinya bersebelahan. Sedangkan pada connecting room hanya memiliki pintu akses antar kamar dan merupakan dua kamar yang digabungkan menjadi satu. Kamar ini sangat cocok untuk tamu yang memiliki anak-anak kecil, dengan begitu orang tua dapat memantau anak mereka serta anak-anak mereka leluasa untuk menghampiri kedua orang tuanya.