Search

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Tempat Duduk Di Kereta Api

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Tempat Duduk Di Kereta Api

Bagi anda yang berniat untuk bepergian jauh, pasti tidak asing lagi dengan kereta api. Moda transportasi ini masih menjadi transportasi favorit untuk menempuh jarak jauh di Pulau Jawa. Karena naik kereta api sekarang lebih nyaman dan aman, tidak seperti beberapa tahun lalu anda harus berdesak-desakan, kini kereta api sudah tertata rapi. Kereta api kini memiliki jam keberangkatan dan kedatangan tepat waktu, sehingga akan memudahkan dalam pengaturan waktu dengan jadwal anda. Bagi anda yang gemar menggunakan kereta api saat melakukan perjalanan, anda pasti familiar dengan tempat duduk yang ada dalam kereta api.

Meskipun tujuan semua orang sama yaitu selamat sampai tempat tujuan, namun kenyamanan juga menjadi sebuah kebutuhan. Bagi sebagian penumpang ada yang cukup selektif dalam memilih tempat duduk. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat duduk.

  • Jarak kursi dengan bordes

Bordes adalah ruangan yang berada di ujung gerbong untuk naik turun penumpang, bahkan ruangan ini juga menjadi akses keluar masuk penumpang antar gerbong. Bordes adalah salah satu hal yang harus dihindari karena merupakan salah satu sumber masuknya suara dari luar gerbong jika pintu gerbong terbuka, juga merupakan akses untuk menuju kamar mandi. Hal tersebut tentu akan mengganggu kenyamanan anda dalam perjalanan.

  • Perhatikan kode kelas kursi di dalam gerbong

Bila anda melakukan pemesanan tiket kereta api secara online, maka pada beberapa kereta jarak jauh akan muncul jenis kelas gerbong diikuti kode kursi dibelakangnya. Contohnya: Eko (S), kode kelas kursi ini memiliki harga yang berbeda kecuali pada hari-hari tertentu.

Misal penjabaran kode kursi pada masing-masing:

Eksekutif : A, H, I, J,  X (tarif tertinggi A, tarif terendah J, tarif promo X)

Bisnis : B, K, N, O, Y (tarif tertinggi B, tarif terendah O, tarif promosi Y)

Ekonomi : C, P, Q, S, Z (tarif tertinggi C, tarif terendah S, tarif promoi Z)

  • Posisi duduk terhadap jendela atau koridor

Bagi yang senang dengan pemandangan, maka memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Dengan duduk di dekat jendela, ini akan mengurangi rasa kebosanan anda selama perjalanan.

  • Sinar matahari selama perjalanan

Untuk kereta api perjalanan siang hari dapat mempengaruhi kondisi ruangan. Jendela kaca adalah penerima sinar radiasi paling tinggi di antara bahan lainnya. Bagi anda yang duduk dekat jendela, akan sangat terasa efek sinar matahari yang panas dan silau yang mengenai mata. Untuk menghindari sinar matahari yang mengenai anda, anda dapat menutup jendela kaca tersebut dengan jaket anda atau kain yang lainnya.

  • Ruang gerak kaki

Jika anda memilih kelas bisnis atau eksekutif tentu bukan menjadi masalah, kecuali anda mendapatkan tempat duduk yang dekat dengan bordes., karena beberapa memiliki ruang kaki yang luas dan beberapa memiliki ruang kaki yang sempit. Sedangkan jika anda memilih kelas ekonomi, maka lutut kaki anda akan sering beradu dengan lutut kaki penumpang lainnya yang duduk berhadapan dengan anda.

Di atas adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk mendapatkan tempat duduk yang nyaman selama perjalanan menggunakan kereta api. Semoga perjalanan anda menyenangkan dengan menggunakan transportasi kereta api ini.