Search

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Business Plan

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Business Plan

Ketika anda mempunyai niat untuk membangun bisnis, sebaiknya jangan dilakukan setengah-setengah. Banyak hal yang harus dilakukan agar bisnis yang anda jalankan tersebut dapat bertahan ditengah-tengah kerasnya persaingan usaha hingga menjadi sukses. Untuk itu sebuah business plan perlu dibuat. Karena jika business plan sudah dibuat, gagasan dalam berbisnis akan menjadi lebih mudah untuk dijalankan atau diwujudkan. Selain itu, business plan dibuat dengan tujuan mencari investor atau penanam modal.

Sebelum membuat business plan, pelaku usaha harus mengenal dengan baik jenis usaha yang akan dijalankannya tersebut. Disini anda harus mempelajari dan memahami secara menyeluruh serta potensi dengan segala macam tantangannya yang kemungkinan akan muncul pada bidang usaha anda tersebut. Setelah itu tentukan segmen pasar yang dituju dan mulai kapan produk atau layanan jasa akan dipasarkan.

Semua dijelaskan satu persatu mulai dari gagasan, rumusan, konsep usaha, hingga studi atas kelayakan usaha. Maksud dari kelayakan usaha di sini adalah berhubungan dengan kelayakan terhadap pasar, teknik, dan operasional, manajemen serta modal usaha. Salah satu manfaat business plan adalah dapat membuat anda memahami secara keseluruhan proses bisnis tersebut. Namun tidak sedikit orang yang membuat business plan secara asal-asalan karena tidak sabar untuk memulai bisnis.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat business plan, antara lain:

  1. Buat Dengan Sederhana Dan Singkat

Banyak orang yang membuat business plan seperti sebuah novel, mereka menuliskan semua harapan ke dalamnya secara panjang lebar. Tapi mereka tidak berpikir apakah orang lain akan membacanya secara keseluruhan dan tertarik dengan kalimat yang panjang dan padat tersebut. Business plan tidak harus diisi dengan segala sesuatu yang anda inginkan dalam bisnis yang akan anda jalankan. Tetapi buatlah secara ringkas dan jelas dari semua gagasan dan rencana bisnis anda.

  1. Sederhana Dan Teliti

Sederhana bukan berarti tidak lengkap, business plan yang baik adalah yang menjelaskan karakteristik perusahaan. Namun jangan lupa untuk menulis detail-detail kecil dalam bisnis anda. Detail yang dimaksud antara lain:

  • Jelaskan bisnis yang anda jalankan
  • Tulis secara detail dan jelas informasi mengenai produk atau layanan jasa yang anda tawarkan
  • Jabarkan mengenai lingkungan kompetitif dari produk atau layanan jasa yang anda tawarkan
  • Menjelaskan bagaimana bisnis anda mendapatkan uang
  • Menjelaskan cara pemasaran dari bisnis anda

Jelaskan tentang manajemen bisnis anda, apakah itu bisnis dengan tim besar ataukah hanya bisnis dengan tim kecil

  • Menjelaskan proyeksi keuangan dari bisnis anda, mulai dari berapa uang yang anda butuhkan untuk modal, dan keuntungan yang akan anda hasilkan nantinya.
  1. Keunikan Bisnis

Business plan harus bisa mencerminkan bisnis yang diusulkan. Jadi apapun yang masuk didalamnya, harus menggambarkan proporsi dari bisnis tersebut. Ketika anda menulis business plan, anda harus memperhatikan siapa target anda. Meskipun banyak bisnis yang serupa, namun anda dapat membuat ciri khas sendiri yang dapat membedakan bisnis anda dengan kompetitor lainnya.

Untuk itu sebelum anda membuat business plan, anda harus dapat mengenali jenis usaha yang akan anda jalankan. Business plan dibuat dengan tujuan agar bisnis dapat dijalankan dengan mudah. Ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan diatas, semoga dapat membantu anda dalam memulai sebuah bisnis.