Search

Beberapa Hal Yang Dihadapi Pramugari Dalam Penerbangan

Beberapa Hal Yang Dihadapi Pramugari Dalam Penerbangan
Pramugari merupakan sebuah profesi yang banyak diidamkan oleh banyak wanita. Hal ini disebabkan karena pramugari mendapatkan penghasilan lebih dari lulusan sarjana. Selama ini pandangan bagi sebagian masyarakat, profesi  pramugari identik dengan service makan dan minuman saat penerbangan. Banyak yang mengira profesi pramugari cukup mudah yaitu hanya menyajikan makanan dan minuman kepada penumpang pesawat. Akan tetapi bukan hanya sekedar menyajikan makanan dan minuman saja, mereka juga bertugas untuk memastikan keamanan pesawat sebelum penerbangan di lakukan. Pramugari harus memastikan saat hendak take off pintu pesawat dalam keadaan arm. Keadaan arm adalah keadaan dimana posisi pintu pesawat harus menyatu dengan slide. Sedangkan slide itu adalah karpet penyelamat seperti perosotan, hal itu dimaksudkan agar saat ada kejadian yang membahayakan keselamatan, pada saat pendaratan darurat dapat berfungsi dengan baik. Berikut adalah hal-hal yang harus dihadapi oleh pramugari di atas pesawat:
  1. Memastikan Keselamatan Penumpang
Selain bertugas melayani kenyamanan dan kebutuhan penumpang selama dalam penerbangan, tetapi yang terpenting adalah memastikan keselamatan penumpang.
  1. Bekerjasama Dengan Penumpang
Pada proses penyimpanan bagasi bisa menjadi hal yang cukup merepotkan. Seorang pramugari bisa membantu penumpang dalam menyimpang barang bawaan ke dalam bagasi kabin agar penumpang tidak berlama-lama berdiri di lorong pesawat, sehingga penumpang lainnya tidak akan merasa terganggu.
  1. Buka Restoran Di Udara
Di dalam pesawat terbang, tidak hanya terdapat kursi pesawat saja, tetapi pesawat terbang berbadan besar juga mempunyai bar dan mini restoran di dalamnya. Maskapai penerbangan tidak selalu menyiapkan 100 persen hidangan yang ada di buku menu. Jadi penumpang harus menerima jika yang di minta tidak tersedia.
  1. Melayani Penumpang Dengan Pelayanan Terbaiknya
Tugas pramugari memang melayani penumpang dengan pelayanan terbaik. Namun bukan berarti mereka bisa di suruh-suruh begitu saja. Mereka akan dengan senang hati menawarkan bantuan dan memberikan pelayanan pada penumpang yang membutuhkannya.
  1. Mata Dan Telinga Pilot
Karena pilot tidak bisa melihat ke dalam area penumpang, mereka bergantung pada mata dan telinga pramugari. Pramugari lah yang harus waspada dengan apa yang terjadi di dalam pesawat. Dan memberikan informasi pada pilot jika terjadi keadaan yang darurat.
  1. Intim Saat Take Off Dan Landing Dengan Penumpang
Ketika sudah diumumkan untuk mengencangkan sabuk pengaman. Tetapi justru masih ada penumpang yang masuk ke dalam toilet. Kejadian tersebut bisa membuat penerbangan di tunda. Saat pesawat take off dan landing terjadi ikatan antara pramugari dan pesawat, agar penerbangan berjalan lancar.
  1. Bertemu Dengan Penumpang Menjadi Hal Yang Menyenangkan
Bertemu dengan penumpang dari berbagai daerah dan penjuru dunia bagi pramugari adalah cukup menyenangkan, yang berarti mendapatkan obrolan yang menyenangkan dengan orang yang berbeda-beda. Jadi, sebagai Pramugari tidak hanya bermodalkan fisik tapi juga otak dan pengalaman pribadi untuk memecahkan berbagai masalah yang terjadi di atas pesawat. Pekerjaan menjadi seorang pramugari terlihat sangat menyenangkan, jalan-jalan keliling dunia, menjelajah dari satu daerah ke daerah lainnya, bahkan dari satu negara ke negara lainnya. Tetapi juga pramugari mempunyai beban berat di pundaknya untuk tetap menjaga keselamatan penumpang dan melayani penumpang pesawat dengan baik.