Search

Beberapa Fakta Tentang Kereta Api Di Indonesia Yang Terlupakan

Sekarang ini transportasi menjadi kebutuhan penting bagi kehidupan manusia, setiap hari kita melihat lalu lalang ramainya ribuan kendaraan di jalan. Seperti mobil, motor, bus, dan lain sebagainya. Alat transportasi tersebut dapat menyebabkan kemacetan. Namun kereta api adalah solusi yang baik untuk menghindari kemacetan. Selain itu kereta api juga mampu menampung banyak orang sekaligus.

Kereta api pertama kali hadir di Indonesia sejak jaman tanam paksa, saat itu perkereta-apian di Indonesia di bangun di desa Kemijen, Semarang pada tanggal 17 Juni 1864 oleh gubernur Hindia-Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet Den Beele. Kemudian terus berkembang hingga sekarang. Namun ada beberapa fakta tentang kereta api di Indonesia yang terlupakan:

  1. Terowongan Kereta Api Terpanjang Di Indonesia

Terowongan Wilhelmina merupakan terowongan kereta api terpanjang di Indonesia hingga sekarang. Panjang dari terowongan ini adalah 1116 meter dan dibangun pada rute Banjar – Pangandaran – Cijulang. Terowongan ini berada di perbatasan antara desa Bagolo dan desa Emplak di kabupaten Ciamis, jawa Barat.

  1. Jembatan Kereta Api Terpanjang

Jembatan Cicakepit adalah jembatan kereta api terpanjang di Indonesia hingga saat ini. Panjang jembatan ini 190 meter. Hanya saja seiring dengan berjalannya waktu jembatan ini mulai terlupakan dan mulai rusak karena tidak terawat.

  1. Stasiun Kereta Api Pertama di Indonesia

Stasiun kereta api pertama di Indonesia berada di kota Semarang, stasiun tersebut adalah Stasiun Tambaksari. Ditandai dengan pencangkulan tanah pertama oleh gubernur jenderal Hindia Belanda bernama Mr. L.A.J Baron Sloet Den Beele.

  1. Gerbong Tua Di Magelang

Kereta api berusia 109 tahun berada di Sub Terminal Kebonpolo, Magelang sejak tahun 1986. Kemudian menjadi benda bersejarah dan dipindahkan ke museum kereta api Ambarawa dengan menggunakan truk trailer.

  1. Jejak Romusha Pada Jalur Kereta Api Saketi – Bayah

Jalur kereta api Saketi – Bayah dalam pembangunannya telah memakan banyak ribuan korban jiwa manusia.

  1. Hari Kereta Api Indonesia

Banyak orang yang lupa bahkan tidak tahu kapan Hari Kereta Api Indonesia, padahal tidak sedikit orang yang menggunakan moda transportasi jenis ini. Tanggal 28 September adalah Hari Kereta Api Indonesia. Karena pada tanggal 28 September 1945 terjadi pengambil-alihan Balai Besar Kereta Api Bandung dari tangan kolonial Jepang yang dilakukan oleh para pegawai kereta api Indonesia. Kemudian tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kereta Api Nasional.