Search

Beberapa Cara Efektif Dalam Melakukan Negosiasi Dengan Konsumen

Beberapa Cara Efektif Dalam Melakukan Negosiasi Dengan Konsumen
Jika start-up bisnis online anda saat ini memiliki target Business To Consumer (B2C), negosiasi harga menjadi salah satu kegiatan yang harus disiasati dengan tepat. Yang perlu diperhatikan saat menegosiasikan harga dengan konsumen pada dasarnya adalah selalu memiliki sikap baik dan juga bersikap sabar. Semakin anda pandai dalam bernegosiasi maka akan semakin efisien dan efektif serta menghasilkan keuntungan. Kebanyakan pelaku bisnis masih mengalami kesulitan dalam bernegosiasi dan memberikan penawaran terbaiknya. Pada saat anda menjual produk, pembeli akan berusaha melakukan negosiasi (menawar) dengan anda sebagai pelaku bisnis. Apabila anda masih mengalami kesulitan dalam melakukan negosiasi, perhatikan beberapa cara efektif berikut ini:
  1. Menguasai Produk Yang Dijual. Bila anda menguasai produk yang anda jual, maka anda akan lebih menguasai kelebihan dan kekurangan produk anda dengan baik. Maka anda akan lebih relatif mudah untuk menggiring konsumen mengikuti apa yang anda inginkan.
  2. Menggali Kebutuhan Calon Konsumen. Arahkan konsumen pada produk yang anda tawarkan dengan menjelaskan kelebihan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  3. Yakin Dengan Produk Yang Dijual. Anda harus yakin bahwa produk yang anda tawarkan sangat penting dan sangat berarti bagi konsumen.
  4. Menjadi Orang Yang Dapat Dipercaya. Anda harus bisa memegang komitmen dengan baik dan menjalankan komitmen tersebut seperti yang sudah direncanakan.
  5. Buat Konsumen Menyukai Anda. Berikanlah kesan pada saat bernegosiasi, karena ketika konsumen anda sudah merasa nyaman, maka proses negosiasi akan berjalan lancar. Cara ini bisa dilakukan dengan bertanya di luar produk yang anda tawarkan, seperti bertanya tentang hobi, makanan favoritnya dan sebagainya.
  6. Pahami Karakter Konsumen. Menghadapi konsumen yang bermacam-macam, anda dituntut untuk bisa memposisikan diri menyesuaikan dengan karakter setiap konsumen.
  7. Jadi Pendengar Yang Baik. Jangan memotong pembicaraan ketika konsumen anda sedang berbicara, memotong pembicaraan calon konsumen bisa menjadikan proses negosiasi anda gagal. Dengarkan dan simak baik-baik yang konsumen anda katakan hingga selesai.
  8. Kendalikan Diri Dan Emosi.  Terlalu gembira atau terlalu emosional bisa membuat konsumen anda merasa tidak nyaman. Hindari dalam menunjukkan emosi secara berlebihan di depan konsumen.
  9. Kebijakan Harga. Harga adalah hal yang sangat sensitif dalam dunia bisnis. Jika anda yakin dengan kualitas pelayanan dan keunggulan produk yang anda tawarkan, tidak ada salahnya memberikan harga yang berbeda dari pasaran.
  10. Tawar Menawar Harga. Tawar menawar harga biasanya dilakukan jika memang dari perhitungan rincian yang anda berikan perlu dilakukan perbaikan. Akan tetapi hati-hati, jangan sampai harga yang dinegosiasikan tidak masuk dalam omset yang sudah ditargetkan.
Sebenarnya masih banyak lagi cara bernegosiasi yang perlu anda ketahui demi meningkatkan kesuksesan bisnis anda. Namun dengan cara menggunakan negosiasi di atas, anda sudah dapat bernegosiasi dan mendapatkan deal dengan konsumen.