Search

Beberapa Alasan Pasar Sekaten Selalu Dinantikan

Beberapa Alasan Pasar Sekaten Selalu Dinantikan

Pasar Sekaten 2017 tidak lama lagi akan digelar di Alun-alun Utara Yogyakarta. Event tahunan yang biasa disebut dengan nama Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) biasa diselenggarakan pada setiap akhir tahun. Acara tersebut merupakan agenda tahunan kota Yogyakarta yang digelar dalam menyambut tahun baru Hijriyah. Pasar Malam Sekaten ini akan diadakan selama satu bulan penuh.

Pada zaman dahulu sebenarnya Pasar Sekaten digunakan untuk syi’ar agama Islam yang dilakukan oleh Sultan Hamengku Buwono I pada masyarakat yang ada di Yogyakarta pada waktu itu. Asal usul Pasar Sekaten dikaitkan dengan misi utama yang dilakukan oleh Sultan Hamengku Buwono I dalam syi’ar agama Islam, namun ada juga yang menyebutkan jika Sekaten berasal dari kata Sekati. Sekati merupakan salah satu pusaka Keraton Yogyakarta berbentuk gamelan yang biasanya disebut sebagai Kanjeng Kyai Sukati. Gamelan Kanjeng Kyai Sukati tersebut yang biasanya dimainkan dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad yang termasuk dalam rangkaian acara Sekaten.

Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) biasanya dimulai satu bulan sebelum memperingati Maulid Nabi Muhammad. Pasar Sekaten biasanya akan berakhir satu hari sebelum Grebeg Maulid diadakan.

Pasar Sekaten merupakan salah satu event tahunan yang dinantikan di Yogyakarta. Selain kemeriahan perayaan Pasar Sekaten yang sarat dengan makna tradisi. Berikut adalah beberapa alasan kenapa Pasar Sekaten selalu dinantikan:

  1. Datang lebih awal menikmati suasana Pasar Sekaten

Ada banyak hal menarik yang bisa anda nikmati di Pasar Malam Sekaten, mulai dari berbagai wahana permainan, pertunjukan hiburan, kuliner khas yang unik, hingga obral baju bekas atau yang biasa disebut dengan awul-awul. Pasar Sekaten mulai ramai sejak sore hari dan mulai sepi ketika menjelang tengah malam. Tapi beberapa wahana dan kios dapat anda nikmati hingga lewat tengah malam. Dengan datang lebih awal ke Pasar Sekaten, anda dapat memilih tempat parkir dan menikmati wahana permainan tanpa berdesak-desakan.

  1. Pasar Sekaten semarak dengan berbagai hiburan dan wahana permainan

Salah satu daya tarik dari Pasar Sekaten adalah berbagai wahana permainan dan hiburan yang ada di pasar malam ini. Anda dapat menikmati wahana permainan mulai dari bianglala, roller coaster, rumah hantu, ombak banyu, perahu kora-kora dan lain sebagainya. Di Pasar Sekaten juga diadakan berbagai macam panggung hiburan baik seni tradisional maupun seni kontemporer.

  1. Menikmati berbagai kuliner khas Pasar Sekaten

Sekaten merupakan tempat yang tepat untuk menikmati berbagai kuliner. Terdapat beragam jenis makanan khas Yogyakarta antara lain: nasi angkringan, gudeg, jajanan pasar, dan lain sebagainya. Rasanya tak lengkap jika ke Pasar Sekaten tanpa mencicipi ragam kuliner yang dijual di sana.

  1. Mencari harta karun layak pakai

Pasar Sekaten adalah tempat yang tepat untuk mencari harta karun. Di area Pasar Sekaten terdapat banyak penjual pakaian bekas layak pakai atau yang lebih dikenal dengan awul-awul. Di sini anda bisa menemukan berbagai jenis pakaian bekas, mulai baju, celana, rok, jaket, serta kemeja dengan harga yang terjangkau. Jika anda beruntung, anda akan mendapatkan pakaian bekas dengan kualitas yang baik dengan harga mulai dari Rp. 5.000,-

Pasar Sekaten menawarkan berbagai aktivitas serta hal-hal menarik yang dapat anda temukan. Jangan lewatkan kemeriahan Pasar Sekaten yang akan diadakan dalam waktu dekat ini.