Search

Beberapa Alasan Jogja International Heritage Walk 2017 Menarik Untuk Di Ikuti

Beberapa Alasan Jogja International Heritage Walk 2017 Menarik Untuk Di Ikuti

Berminat jalan santai dan menikmati alam serta peninggalan sejarah pada masa lalu? Atau merasakan keramah tamahan penduduk setempat dan mengenal budaya tradisional Indonesia lebih dekat? Jika iya, maka Jogja International Heritage Walk 2017 wajib masuk dalam agenda anda. Acara ini akan digelar pada tanggal 18-19 November 2017 mulai pukul 07.00 WIB dan akan diadakan di Prambanan dan Desa Imogiri.

Jogja International Heritage Walk (JIHW) akan mengambil rute Prambanan pada tanggal 18 November dan Imogiri pada tanggal 19 November 2017. Jarak yang akan ditempuh untuk jalan kaki adalah 5 km, 10 km dan 20 km. Bagi peserta, anda dapat memilih jarak yang akan anda tempuh. Event ini diadakan setiap tahun dan diikuti oleh peserta baik dalam dan luar negeri. Selain sebagai ajang untuk berolah raga sembari menikmati alam juga memperkenalkan budaya seni Indonesia, di sini anda dapat bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai daerah dan negara lain serta anda juga dapat bertukar pengetahuan dengan mereka.

Beberapa alasan Jogja International Heritage Walk (JIHW) menarik untuk diikuti, antara lain:

  1. Satu-Satunya Di Asia Tenggara

Jogja International Heritage Walk (JIHW) secara resmi dikukuhkan sebagai anggota ke 27 Liga Jalan Kaki Dunia atau International Marching League (IML) pada 7 Mei 2013 di Chantonnay, Prancis. Maka dengan demikian, Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang menjadi anggota International Marching League (IML). Jogja International Heritage Walk (JIHW) juga diagendakan secara resmi di terima sebagai anggota International Federation of Popular Sport (IVV) yang menangani Triathlon pada November 2018.

  1. Diadakan Di Dua Tempat Warisan Budaya

Candi Prambanan merupakan bangunan bersejarah dan situs heritage dunia yang terdaftar di UNESCO sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia. Prambanan merupakan salah satu kuil terindah di Asia Tenggara yang di bangun pada tahun 9 Masehi. Sedangkan Imogiri merupakan kompleks pemakaman raja-raja Mataram brau yang didirikan oleh Sultan Agung, raja terbesar pada masa kesultanan Mataram. Imogiri memiliki keindahan alam dan dikelilingi bukit dengan terasering yang memanjakan mata.

  1. Bukan Hanya Event Jalan Kaki Tetapi Juga Pengenalan Budaya

Selain sebagai acara jalan kaki internasional yang diselenggarakan oleh Jogja Walking Association, acara ini mengusung konsep kesehatan, penghijauan, pendidikan, komunikasi, seni budaya, pariwisata dan ekonomi. Konsep ini diimplementasikan melalui penanaman pohon di lereng perbukitan, meningkatkan minat mahasiswa untuk bergabung acara jalan kaki bersama peserta asing, memperkenalkan seni budaya warga lokal, termasuk untuk mengembangkan UKM warga sekitar pada para peserta Jogja International Heritage Walk (JIHW).

  1. Event Budaya dan Seni

Tidak cuma dapat menyehatkan, tetapi para peserta juga dapat berinteraksi dengan warga sekitar yang sedang melakukan aktivitas khas, seperti membatik. Ada edukasi Tenun Weafing For Life dan Canting For Life di Imogiri. Selain itu juga ada Drawing Competition, Marching Band, Festival Dolanan Anak, dan Proses Membatik. Sepanjang jalan anda juga dapat menikmati buah-buahan, jajanan pasar dan minuman yang telah disiapkan.

  1. Rute Jalan Kaki Untuk Anak-Anak

Selain rute untuk dewasa yang telah disebutkan di atas, juga ada rute jalan kaki untuk anak-anak 1,3 km dan 3 km untuk Prambanan, serta 2 km untuk Imogiri. Di sini juga diadakan acara untuk anak-anak, seperti; parade dolanan tradisional, kelas dasar batik, proses pembuatan mainan tradisional, pengenalan pertanian organik dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Diikuti Oleh Peserta Dari Mancanegara

Jogja International Heritage Walk ke-9 pada tahun 2017 ini akan diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Selain jalan sehat, anda juga dapat bertukar budaya dan cerita dari peserta yang berasal dari negara lain.

Tertarik untuk mengikuti ajang tahunan ini? Catat tanggalnya dan jangan lewatkan pendaftarannya di sekretariat Jogja Heritage Walk di Kompleks Kolombo, Yogyakarta.