Search

Bacaan Asyik Untuk Teman Traveling

Bacaan Asyik Untuk Teman Traveling

“Mengapa bawa buku pas traveling? Biasanya juga enggak sempat baca?”

Mungkin pertanyaan itu terlintas di benak kamu saat membaca judul tulisan ini. Atau mungkin pernah mendengar pertanyaan seperti itu sebelumnya?

Biasanya saat dalam perjalanan yang cukup jauh atau saat sedang menunggu keberangkatan, kamu punya waktu cukup banyak yang sayang jika dilewatkan tanpa melakukan apapun. Selain tidur dan mendengarkan musik, membaca buku adalah pilihan terbaik saat untuk menghabiskan waktu. Membaca adalah kebiasaan yang baik bukan?

Berikut adalah jenis dan judul buku yang cocok untuk menemani travelingmu.

  1. Buku Puisi
    Buku puisi sangat menyenangkan untuk dibaca saat sendirian. Selain itu buku puisi bisa memperkaya kalimat-kalimat puitis dan bisa jadi inspirasi untuk caption instagram kamu.
    Ada banyak sekali buku puisi yang bagus tapi pilihlah yang tidak terlalu berat dan isinya bukan melulu soal cinta. Kamu tidak mau perjalananmu jadi galau bukan?
    Contoh buku puisi yang cocok untuk menemani perjalananmu adalah: Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono, Tidak Ada New York Hari Ini karya Aan Mansyur dan Tempat Paling Liar di Muka Bumi karya Theoresia Rumthe dan Weslly Johannes.
  2. Buku fiksi
    Genre fiksi cocok untuk membawa imajinasimu menjelajah tempat-tempat lain sementara kamu duduk diam menunggu. Ada banyak pilihan jenis atau sub-genre dari buku fiksi ini, mulai dari: kisah romantis, horor, fantasi hingga fiksi ilmiah. Sudah banyak buku fiksi yang diangkat ke layar kaca dan layar lebar, jadi memilih buku fiksi bukanlah hal sulit.
    Beberapa judul yang cukup populer dan cocok untuk kamu bawa: Perahu Kertas karya Dewi Lestasi dan Life of Pi karya Yann Martel.
  3. Buku tentang perjalanan
    Tidak ada salahnya bukan membaca buku tentang perjalanan sembari melakukan traveling? Siapa tahu dengan membaca buku mengenai perjalanan bisa memotivasi kamu untuk menjelajah lebih banyak tempat-tempat baru. Atau mungkin malah buku ini bisa kamu jadikan buku panduan travelingmu.
    Untuk buku tentang perjalanan sudah pasti The Naked Traveler karya Trinity harus ada di dalam koleksimu.
  4. Buku sastra
    Mungkin jenis satu ini mirip dengan buku fiksi karena sama-sama kisah rekaan. Namun buku sastra punya ciri khas pada penekanan penggunaan gaya bahasa dan pilihan kata. Itu yang membuat buku sastra terkesan bacaan berat, walaupun tidak sedikit buku sastra cukup ringan untuk dibaca.
    Judul yang cocok untuk kamu bawa bepergian: Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer, Salman karya Ayu Utami dan Aku karya Sjuman Djaya.
  5. Buku motivasi atau pengembangan diri
    Jika kamu hobi membaca ada kalanya perlu membaca buku selain fiksi untuk memperluas dunia baca kamu. Buku motivasi akan memberimu banyak hal baru dan bagus untuk perkembangan diri kamu nantinya.
    Satu judul buku tentang pengembangan diri yang sedang populer saat ini adalah “Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat” yang merupakan terjemahan dari The Subtle Art of Not Giving a F*ck: A Counterintuitive Approach to Living a Good Life karya Mark Manson, seorang blogger terkenal sekaligus penulis asal New York.
    Beberapa buku lain yang cukup direkomendasikan:
    Best for Creativity: Big Magic karya Elizabeth Gilbert
    Outliers: The Story of Success karya Malcolm Gladwell
    The 7 Habits of Highly Effective People: Powerful Lessons in Personal Change karya Stephen R. Covey
    The Alchemist karya Paulo Coelho
  6. Buku cerita bergambar, komik atau manga
    Buku jenis adalah yang paling simpel, ringan, mudah dibawa dan dibaca. Menikmati cerita bergambar sangat menyenangkan karena dilengkapi dengan visual yang sangat membantu untuk mengikuti alur cerita.
    Karena buku jenis ini didominasi oleh gambar, maka buku ini mudah dibaca di mana pun tanpa membuat mata cepat lelah.
    Judul yang sesuai untuk kamu baca saat traveling: Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini karya Marchella FP, Doraemon karya Fujiko F Fujio dan Gadis Daun Jeruk Karya Rinda Maria Gempita.

Sebenarnya kamu juga bisa membaca jenis bacaan lain seperti: koran, majalah, ensiklopedi atau membaca ebook, blog dan situs berita melalui gadget selama perjalanan kamu. Pilihlah cara yang paling kamu sukai dan sesuai dengan jenis traveling kamu.

Yup, itu tadi beberapa jenis bacaan yang bisa kamu bawa untuk menemani traveling kamu.

Selamat membaca dan traveling.