Search

Apa Saja Sih Manfaat Dari Penggunaan E-commerce?

Apa Saja Sih Manfaat Dari Penggunaan E-commerce?

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari penggunaan E-commerce atau perdagangan elektronik yang melibatkan aktivitas yang berkaitan dengan perdagangan, penjualan dan pembelian serta transaksi transfer dana secara elektronik. E-commerce ini sangat berguna bagi pelaku bisnis maupun bagi konsumen.

Dengan menggunakan E-commerce, maka dapat menekan biaya dan jasa dalam memasarkan produk serta konsumen dapat lebih mudah dalam mencari informasi produk yang akan dibelinya melalui website atau sosial media yang anda gunakan. Dengan proses yang cepat tentunya akan memberikan kemudahan bagi kedua belah pihak, pendapatan pun akan bertambah. Berbelanja dengan melakukan transaksi perdagangan melalui internet sangat berbeda dengan melakukan transaksi perdagangan secara offline atau langsung.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam menggunakan E-commerce:

  1. Dapat meningkatkan market exposure (Pangsa Pasar)

Transaksi online bisa membuat orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual melalui perangkat komputer maupun gadget yang sudah terhubung dengan jaringan internet.

  1. Menurunkan biaya operasional dan hemat tempat

Transaksi E-commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya dilakukan di dalam komputer, sehingga biaya showroom untuk display produk dan biaya operasional lainnya yang berlebihan yang tidak diperlukan pun tidak perlu terjadi atau bisa dipangkas.

  1. Memperluas jangkauan pasar

Transaksi online dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia tanpa batas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya dari perangkat komputer maupun gadget selama terkoneksi dengan internet.

  1. Meningkatkan supply produk

Dengan semakin meluasnya pemasaran secara global, produk yang anda pasarkan dapat di akses di seluruh dunia, maka transaksi E-commerce pun menjadi lebih sering terjadi, sehingga supply produk atau stock barang harus lebih sering diperhatikan.

  1. Melayani konsumen tanpa batas waktu

Tidak seperti sistem perdagangan secara offline, dalam transaksi secara online pelaku bisnis dan konsumen dapat melakukan transaksi kapan pun tanpa batas waktu, tidak terikat jam buka dan tutup toko.
Dengan menggunakan teknologi E-commerce, pelaku bisnis dapat memilih untuk mengembangkan target pasar secara global atau hanya fokus terhadap segmen pasar tertentu. E-commerce memudahkan anda untuk meningkatkan angka penjualan produk maupun jasa yang anda jual.