Search

Aman dan Nyaman Traveling Bersama Bayi

Aman dan Nyaman Traveling Bersama Bayi

Apa boleh bayi diajak traveling? Pertanyaan yang muncul dari ibu-ibu, ya.

Seperti yang kita ketahui bersama tubuh bayi masih sangat sensitif dan rentan untuk dibawa bepergian. Ada banyak hal yang harus dipikirkan baik-baik sebelum membawa bayi bepergian. Namun, tidak sedikit orang tua yang nekat membawa bayinya bepergian baik itu ke luar kota bahkan lintas negara.

Pasalnya, tak ada juga aturan yang melarang bayi traveling. Untuk itu kita harus memastikan, apakah siap secara fisik dan mental. Nah, berikut ini merupakan beberapa tips traveling bersama bayi agar perjalanan kalian tetap menyenangkan dan aman.

Pada Usia Berapakah Bayi Aman dibawa Traveling?
Sepertinya belum ada juga aturan khusus yang mengatur soal ini, semua balik lagi ke orangtua. Jika ingin membawa traveling dengan pesawat, maskapai masing-masing memiliki ketentuan yang berbeda. Ada maskapai yang memperbolehkan bayi usia 2 hari untuk dibawa terbang.
Agar bisa traveling bersama bayi, maka pilihlah maskapai yang memperbolehkan bayi terbang jika si bayi telah berusia 14 hari. Tentunya pihak bandara juga akan memeriksa ulang kondisi bayi, karena keputusan.
Bayi yang baru berusia dua minggu memang lebih rentan secara fisik untuk dibawa naik pesawat terbang. Tubuh sang bayi mungkin saja belum mampu menghadapi attitude belum lagi suara berisik pesawat yang dikhawatirkan dapat merusak pendengarannya. Akan lebih baik jika orangtua konsultasi dengan SDA terlebih dahulu.

Lalu bagaimana dengan traveling bersama bayi melalui jalur darat?
Untuk traveling darat umumnya lebih aman ya, terutama jika orangtua membawa mobil pribadi. Karena barang yang akan dibawa pasti tidak sedikit, semua harus siap sedia untuk keperluan di bayi.

Bagaimana cara memilih fasilitas yang cocok untuk bayi?
Saat kita masih single pasti akan mencari yang murah semurah-murahnya untuk pengiritan, hayo ngaku! Sekarang saatnya berubah ya apalagi sudah membawa si bayi kita harus memilih dengan cermat fasilitas yang cocok untuk bayi.

Fasilitas apa yang cocok untuk traveling bersama bayi?
Kamu bisa mencari penginapan yang bersih, private bathroom, dan punya fasilitas air panas. Karena tidak mungkin juga ya membawa air panas dari rumah untuk mandi bayi.

Lalu bagaimana dengan transportasi?
Untuk transportasi lebih baik cari yang tertutup seperti mobil. Jika tak punya mobil, di zaman sekarang ini sudah banyak taksi online. Agar si bayi aman dan nyaman terhindar dari panas dan bahaya air hujan. Apalagi harus membawa segala perlengkapan yang tidak sedikit. Bayangkan jika membawa si bayi naik sepeda motor, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan si bayi.

Perlengkapan apa sajakah yang perlu dibawa?
Nah, sekarang saatnya kita membicarakan soal keperluan yang seabrek demi keamanan dan kenyamanan si bayi. Apa saja yang harus dibawa ketika akan traveling bersama bayi? Berikut pembahasannya :

  1. Bawa Oil care
    Apa itu oil care? Oil Care memiliki artian secara umum yaitu minyak kesehatan. Misalnya minyak kayu putih, minyak kutus-kutus, essential oil, minyak telon, dan sebagainya.
  2. Bawa Perlengkapan Baju yang Lengkap
    Sudah pasti bayi memiliki kulit yang lebih rentan untuk itu kebersihannya mesti dijaga. Salah satu caranya adalah membawa perlengkapan baju yang lengkap. Seperti baju tidur dua pasang, baju kaosnya dua pcs, kain panjang cukup satu saja. Agar traveling bersama bayi semakin aman dan nyaman, maka ibu bisa mencari kain gendong yang membuat ibu nyaman ketika menggendong sang buah hati.
  3. Susu dan Perlengkapan Dot
    Sabun cuci peralatan bayi, dodot dua buah, dan termos untuk air panasnya jangan dilupakan ya. Bawa lebih untuk dodot juga boleh ya, soalnya kita tidak prediksi karena ada bayi yang terus-terusan minta susu.
  4. Popok Bayi yang Nyaman untuk Bayi
    Pastikan popok yang kamu pakai sudah terverifikasi kelembutan dan ketahanan daya serap yang tinggi ya, supaya tidak bolak-balik ganti popok.

Itulah beberapa tips aman dan nyaman yang bisa kamu lakukan ketika akan traveling bersama bayi. Semoga bisa sedikit menambah informasi buat pecinta traveling.