Search

Alasan Pentingnya Follow Up Untuk Dilakukan Dalam Bisnis

Alasan Pentingnya Follow Up Untuk Dilakukan Dalam Bisnis
Mengkonversi visitor atau pengunjung bisnis online anda menjadi pembeli membutuhkan suatu usaha atau teknik tersendiri. Banyak cara yang sudah digunakan oleh para marketing, seperti dengan cara follow up. Follow up artinya tindak lanjut, sebuah langkah yang dilakukan setelah presentasi. Setelah mengenalkan bisnis atau produk pada orang lain, biasanya langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah follow up. Follow up merupakan bagian dari marketing, sehingga follow up mempunyai peranan penting dalam sebuah praktek penjualan. Follow up penting untuk dilakukan agar informasi yang anda bagikan pada calon prospek tidak cepat mereka lupakan begitu saja. Jika follow up tidak segera dilakukan, maka ada kemungkinan presentasi yang sudah anda lakukan akan dimanfaatkan oleh orang lain dan calon pelanggan atau calon mitra usaha tersebut akan memilih membeli produk dari orang lain. Praktek follow up yang sederhana adalah dengan menanyakan kembali kepada calon mitra usaha atau calon konsumen tentang presentasi pengenalan bisnis atau produk yang telah dilakukan sebelumnya. Tujuannya agar mendapatkan jawaban langsung dari calon konsumen, apa tanggapan serta jawaban mereka dari peluang usaha atau produk yang telah dipresentasikan. Follow up yang biasa digunakan adalah melalui telepon, sms atau email. Sebelum melakukan follow up ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis, yakni mengetahui secara spesifik mengenai apa yang dibutuhkan oleh potensial mitra usaha atau potensial pelanggan dan poin apa yang akan digunakan untuk ditawarkan pada mereka. Beberapa alasan kenapa follow up penting untuk di lakukan dalam bisnis:
  1. Mengingatkan Prospek / Customer
Dengan follow up anda dapat kembali mengingatkan prospek/customer dengan apa yang telah anda tawarkan, melalui landing page atau sales page, pada saat sebelum prospek memasukkan nama dan email mereka pertama kali. Dengan memberikan informasi sejelas-jelasnya agar calon pelanggan benar-benar paham dengan prduk yang telah anda tawarkan.
  1. Menjalin Hubungan Baik
Follow up menjadi cara terbaik untuk menjalin hubungan baik dengan prospek / calon pelanggan potensial anda. Karena pembeli bukan hanya sekedar membeli produk yang anda jual, tapi lebih dari itu. Mereka ingin mengenal anda lebih dekat lagi ke depannya ketika anda menawarkan suatu produk yang baru lagi, mereka akan yakin dan percaya dengan anda. Dalam hal ini anda bisa menggunakan blog atau website untuk menjalin hubungan dengan calon konsumen anda.
  1. Update Informasi Terbaru
Melalui follow up anda bisa memberikan informasi terbaru seputar internet marketing, anda juga bisa berikan konten-konten berupa tips, trik, testimoni dan lain-lain. Sekaligus anda juga bisa berjualan melalui sosial media serta website atau blog anda.
  1. Meningkatkan Penghasilan
Semakin banyak calon pelanggan yang anda follow up, maka akan semakin banyak juga pasar potensial yang bisa saja terjadi. Dengan begitu penghasilan pun akan semakin bertambah sesuai dengan penjualan yang semakin meningkat.
  1. Bisnis Jangka Panjang
Salah satu kunci untuk menciptakan agar bisnis terus berjalan dalam waktu jangka panjang adalah dengan memiliki data calon pelanggan potensial dan pasar potensial untuk melakukan penawaran. Semakin banyak data calon pelanggan, maka bisnis yang anda jalankan akan semakin berkembang.