Search

Alasan Kenapa Anda Perlu Menggunakan Blog Untuk Memasarkan Bisnis

Alasan Kenapa Anda Perlu Menggunakan Blog Untuk Memasarkan Bisnis

Saat ini memiliki blog bukan hanya sekedar untuk menulis cerita harian yang dialami setiap harinya. Tetapi juga dapat digunakan atau dirancang untuk menginformasikan dan memberdayakan usaha kecil dalam pemasaran online serta dapat memberikan kepercayaan kepada konsumen. Blog merupakan kegiatan online yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha kecil dengan syarat jika dikelola dengan baik dan benar.

Blog merupakan sebuah alternatif untuk mempromosikan produk dengan modal minim dan tanpa perlu keahlian khusus seperti HTML, PHP atau pun script lainnya. Berikut adalah alasan kenapa anda perlu menggunakan blog untuk memasarkan bisnis yang anda jalankan:

  1. Meningkatkan Kredibilitas Usaha Kecil

Di era digital seperti sekarang ini, banyak pengguna internet yang mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan melalui internet. Usaha anda akan mendapatkan kredibilitas jika memiliki blog atau website resmi. Tanpa memiliki blog yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen, mereka bisa saja meninggalkan bisnis anda tersebut dan beralih pada kompetitor yang memiliki informasi lebih lengkap melalui website resmi yang dimiliki oleh kompetitor bisnis anda.

  1. Menghemat Modal Untuk Promosi

Sebagai pelaku usaha kecil tentu anda akan berpikir bahwa anda belum mampu untuk membuat sebuah website yang profesional. Namun bandingkan jika anda membuat iklan pada surat kabar, tentu akan jauh lebih mahal jika anda menggunakan jasa surat kabar untuk membuat iklan. Untuk membangun website biaya yang dibutuhkan bervariasi, namun umunya biaya yang dibutuhkan dibawah Rp. 500.000,- per tahun.

  1. Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Baik menjual berupa produk barang maupun layanan jasa, website akan selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikannya. Melalui website anda dapat menjangkau pasar lebih luas. Karena produk anda dapat diakses secara global. Dengan begitu, maka konsumen anda juga akan bertambah.

  1. Mudah Di Akses

Sebuah website dapat diakses oleh anda sendiri maupun oleh pelanggan potensial selama 24 jam. Mereka bisa dengan nyaman dan leluasa melihat produk dan layanan jasa anda tersebut melalui website, meskipun toko anda sedang tutup. Mereka dapat menghubungi anda kembali setelah toko anda buka baik untuk menanyakan produk yang menarik perhatian mereka maupun untuk langsung melakukan transaksi pembelian.

  1. Dapat Terhubung Dengan Konsumen

Dengan website, anda dapat terhubung dengan konsumen seperti dengan memberikan informasi mengenai produk terbaru anda pada konsumen, memberikan penjelasan secara detail pada konsumen yang menanyakan tentang produk tersebut yang anda jual. Tidak seperti iklan pada media cetak, anda dapat mengupdate informasi pada website anda kapan saja.

  1. Menghemat Waktu

Anda dapat memberikan informasi kepada pelanggan dengan melalui telepon, bertatap muka, brosur ataupun melalui email. Namun dengan katalog online, anda dapat memberikan banyak informasi tentang produk dan layanan jasa anda. Anda dan pelanggan dapat menghemat waktu tanpa harus bertatap muka langsung untuk menjelaskan semua produk yang anda jual pada pelanggan.