Search

7 Tips Sukses Dalam Mengembangkan Bisnis Online

7 Tips Sukses Dalam Mengembangkan Bisnis Online
Akses luas tanpa batas adalah salah satu keuntungan yang sayang jika tidak dimanfaatkan, tak terkecuali bagi para pelaku bisnis usaha kecil maupun besar. Dunia internet memiliki banyak peluang usaha sehingga membuat banyak orang untuk beralih ke internet untuk membuka usahanya dan memasarkannya secara luas. Memulai bisnis online tidak melulu harus bermodal besar, dengan modal kecil Anda bisa memanfaatkan berbagai macam media internet yang sudah tersedia, dengan memanfaatkan blog, media sosial, atau jika ada uang lebih Anda bisa membuat situs dengan nama domain sendiri dan harganya pun hanya berkisar sekitar ratusan ribu rupiah saja. Untuk memulai bisnis online Anda perlu mengetahui beberapa tips agar produk yang Anda tawarkan menarik banyak perhatian orang untuk membeli produk Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk mengembangkan bisnis online Anda:
  1. Riset
Dengan melakukan riset terlebih dahulu dengan memperhatikan barang atau jasa yang akan dijual. Cukup melihat barang yang dibutuhkan pasar dan sukai oleh konsumen.
  1. Set Up Account
Bisa dengan membuat akun sendiri seperti membuat blog/website, siasati untuk bergabung dulu di toko online yang sudah besar maupun media sosial merupakan beberapa market place e-commerce yang sudah tersedia dan bisa digunakan semaksimal mungkin.
  1. Promosi
Salah satu tantangan terbesar dalam berbisnis online adalah bagaimana membuat konsumen mengerti tentang produk yang Anda pasarkan, mencoba berbagai promo lainnnya di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+.
  1. Branding
Merk menjadi salah satu komponen dalam berbisnis online, Anda harus menjamin barang yang dijual merupakan asli dari produk tersebut dan jika yang Anda jual adalah jasa maka pastikan Anda bertanggung jawab terhadap biro jasa yang Anda tawarkan.
  1. Konsistensi
   Bila Anda sudah berhasil banyak menjaring konsumen, maka kepuasan konsumen menjadi harus selalu menjadi orientasi utama Anda. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang terus berkesinambungan, seperti memantau promosi di media sosial, membalas chat, reply email dari konsumen, memposting produk secara rutin dan semakin meningkatkan kualitas produk yang dijualnya dan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen.
  1. Tingkatkan Kualitas
Dengan membuat program tertentu, meningkatkan kualitas layanan Anda kepada konsumen, hal tersebut akan menarik banyak konsumen lebih banyak lagi.
  1. Email Marketing
Memang terlihat old fashioned, akan tetapi hal ini memang cara yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis online Anda. Karena email terhubung dengan semua media sosial dan website/blog yang Anda miliki yang tentu saja ketika mereka mengunjungi website/blog maupun media sosial Anda, secara otomatis update produk yang Anda posting akan terkirim ke email para konsumen Anda. Marketing Graph Faktanya, penelitian menujukkan 72%  orang lebih suka menerima konten promosi dengan menggunakan email dibandingkan dengan 17% orang yang menerima konten di media sosial. Karena jika Anda mempromosikan produk Anda terlalu sering melalui media sosial, akan mengganggu pemilik akun. Semoga beberapa tips di atas bermanfaat bagi Anda yang akan segera memulai bisnis online.