Search

5 Tips Naik Kereta Api dengan Bayi yang Aman dan Nyaman

5 Tips Naik Kereta Api dengan Bayi yang Aman dan Nyaman

Banyak moda transportasi yang bisa digunakan untuk liburan diantaranya pesawat, kapal laut, bus dan kereta api. Kereta api merupakan moda transportasi favorit untuk melakukan perjalanan antar kota karena aman dan nyaman, apalagi kalau kamu ingin membawa serta keluargamu termasuk bayi dan balita.
Nah, bagi kamu yang ingin bepergian menggunakan moda transportasi kereta api bersama putra-putrimu yang masih kecil, ada beberapa tips naik kereta api yang bisa kamu lakukan agar perjalananmu semakin nyaman dan aman. Ini dia tipsnya:

  1. Beli tiket jauh hari sebelumnya
    Ketika menggunakan moda transpotasi kereta api, kamu harus meluangkan waktu untuk datang ke loket pemesanan tiket kereta setidaknya 7 hari sebelum keberangkatan agar kamu bisa memilih tempat duduk yang berdekatan dengan keluarga. Walau sekarang ada aplikasi KAI Access yang bisa kamu gunakan untuk memesan tiket, alangkah baiknya kamu datang sendiri dan memastikan tiket yang kamu pesan. Selain itu, jika kamu memesan jauh-jauh hari bisa jadi harga tiket lebih murah daripada kamu membeli tiket di hari keberangkatan. Dan ingat untuk datang lebih awal dari waktu keberangkatan kereta agar kamu tidak terburu-buru.
  2. Bawa makanan atau cemilan yang cukup
    Perkirakan lama waktu perjalanan dan sesuaikan dengan waktu makan si kecil. Jangan sampai kamu mengubah jadwal makan hanya karena sedang dalam perjalanan. Persiapkan makan sehat dan juga camilan berjaga agar si kecil tidak sampai kelaparan dan rewel selama dalam perjalanan. Jangan lupa untuk menyiapkan minum yang cukup juga. Lebih baik memberikan makanan dalam porsi kecil tapi sering daripada memberikan makanan dalam porsi banyak namun hanya sekali. Hal itu sangat beresiko membuat bayi atau balita mabuk darat, walau kasus mabuk darat di kereta api sangat jarang terjadi dan jangan lupa untuk mengajak anak ke toilet secara berkala.
  3. Sortir barang yang akan dibawa
    Tips naik kereta api berikutnya adalah menyortir barang yang akan dibawa. Bayi atau balita biasanya akan tergoda untuk membawa banyak barang. Rasanya semua barang ingin dibawa untuk kenyamanan anak. Tapi sebaiknya kamu perlu menahan diri dengan barang bawaan yang akan kamu bawa, jangan sampai barang bawaan yang terlalu banyak menguras energimu dan kurang fokus terhadap si kecil. Pertimbangkan untuk mencuci baju di tempat tujuan agar baju yang dibawa tidak terlalu banyak. Jika si kecil masih menggunakan popok, bawa seperlunya saja dan sisanya bisa dibeli di tempat tujuan.
  4. Bawa barang kesayangan anak
    Terkadang perjalanan yang panjang akan membuat si kecil lelah dan bosan. Kamu bisa mensiasati dengan membawa barang kesayangan si kecil seperti boneka, bantal, selimut atau mainan kesayangan untuk menghibur si kecil saat dia bosan.
  5. Ajak bercerita
    Ketika anak sudah masuk dan duduk tenang di dalam kereta, kamu bisa bercerita tentang rute perjalanan. Kemana tujuan naik kereta api, berapa lama waktu yang akan ditempuh dan apa saja yang akan dilewati oleh kereta api. Untuk melakukan tips naik kereta api ini, kamu bisa menggunakan aplikasi google maps dan waze yang menunjukkan rute perjalanan kereta api yang kamu naiki. Alternatif lain yang bisa kamu lakukan ketika si kecil mulai bosan adalah mengajak si kecil untuk berjalan-jalan mengelilingi gerbong kereta. Hal ini akan menjadi pengalaman yang baru bagi si kecil. Pilihlah perjalanan di siang hari karena melihat pemandangan di luar gerbong juga akan menjadi sesuatu yang unik dan seru bagi anak. Aneka pemandangan seperti sawah, gunung, jembatan, sungai, jalan raya, deretan mobil hingga aneka bangunan bisa membuat anak-anak terpukau.

Itulah tips naik kereta api dengan bayi yang bisa kamu lakukan agar perjalananmu semakin nyaman dan aman. Semoga bermanfaat!