Search

5 Tips Menghemat Bagasi Pesawat Saat Traveling

5 Tips Menghemat Bagasi Pesawat Saat Traveling

Kamu seorang traveler yang suka pergi berlibur menggunakan pesawat? Suka eksis di setiap tempat, namun bingung mengatasi bagasi pesawat yang kian hari biayanya semakin membengkak? Kamu perlu mencoba beberapa tips menghemat bagasi pesawat berikut ini.

  1. Packing Barang Dengan Benar
    Poin pertama yang harus diperhatikan saat akan memulai traveling adalah cara packing barang. Jangan sampai banyaknya barang bawaan mengangganggu aktivitas travelling. Salah satu bobot paling berat dalam koper yang biasa dibawa seorang pelancong adalah pakaian. Untuk itu, pilihlah pakaian sesuai dengan kebutuhan saat perjalanan.
    Perhatikan juga cara melipat pakaian agar tidak memakan banyak ruang di dalam koper. Pakaian yang sudah terlipat dengan rapi, bisa digulung untuk lebih menghemat pemakaian ruang dalam koper. Sehingga satu koper, dapat terisi dengan pakaian dan juga barang bawaan yang lain.
  2. Sortir Barang Bawaan
    Pilihlah barang bawaan yang sekiranya tidak terlalu diperlukan. Seperti memasukkan air mineral dan berbagai makanan snack di dalam koper. Hal ini akan memakan cukup banyak ruang di dalam koper. Alih-alih membeli snack dan minuman ringan, lebih baik jika membelinya di tempat wisata atau saat perjalanan. Karena hal ini tidak akan membuat barang bawaan menjadi banyak.
    Biasanya, maskapai penerbangan akan membatasi jumlah barang bawaan setiap penumpangnya sebesar tujuh kilogram. Untuk itu, perhatikan pula jumlah barang bawaan yang hendak dibawa. Pilihlah jenis pakaian yang tidak terlalu berat dan sesuai dengan karakteristik musim negara yang akan dituju.
  3. Beli Baju di Daerah Tujuan
    Tips menghemat bagasi selanjutnya untuk menghemat bagasi pesawat adalah dengan membawa sedikit baju yang nantinya akan dipakai, dan membelinya di daerah tujuan. Hal ini akan mengurangi beban koper bawaan. Dengan kata lain, ini juga bisa menghemat bagasi pesawat yang nantinya akan digunakan.
  4. Kirim Barang Lewat Ekspedisi
    Harga bagasi pesawat yang kian hari kian melonjak tinggi, bisa diatasi dengan mengirim barang lewat eskpedisi. Mengirim barang lewat ekspedisi akan menghemat budget, karena jasa ini menawarkan harga miring di bawah tarif bagasi pesawat pada umumnya. Jika tarif bagasi pesawat pada umumnya seharga Rp 400.000 untuk beban seberat 20 kg. Kamu cukup meraih kocek sebesar Rp 200.000 untuk pengiriman antar kota maupun pulau.
    Mengirim barang lewat ekspedisi, bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum kamu memutuskan untuk pulang. Barang bawaan yang dikirimkan lewat jasa ekspedisi ini juga terbilang aman, dan tidak khawatir akan tertukar dengan penumpang pesawat yang lain.
  5. Gabung Dengan Mailing List Kapal
    Selain tiket, beberapa maskapai juga menyediakan fasilitas tambahan untuk para anggotanya yang terdaftar di mailing list atau milis. Para anggota yang tergabung ke dalam milis ini bisa memesan bagasi tambahan. Dengan memiliki kartu kredit berfitur air miles, dan mengumpulkan poin dari milis sebanyak mungkin, kamu bisa mendapatkan fasilitas berupa bagasi tambahan ini.
    Jika tidak tergabung dengan milis ini, kamu bisa memakai alternatif yang lain. Yaitu memesan bagasi pesawat secara online. Fasilitas ini diperuntukkan bagi siapa saja penumpang maskapai penerbangan. Tidak harus memiliki kartu kredit berfitur air miles, dan sebagainya.

Tips menghemat bagasi di atas bisa kamu terapkan saat akan pergi berlibur. Tak usah khawatir dengan budget bagasi pesawat yang kian tahun kian melonjak. Kamu bisa menerapkan tips-tips di atas.

Selamat mencoba!