Search

5 Tips Mengambil Foto dalam Kabin Pesawat yang Aman dan Nyaman

5 Tips Mengambil Foto dalam Kabin Pesawat yang Aman dan Nyaman

Bepergian menggunakan pesawat terbang memang kurang lengkap kalau belum berfoto di dalam kabin pesawat. Memotret keindahan awan serta daratan yang begitu kecil dari jendela kabin pesawat akan menjadi kenangan yang tak bisa dilupakan. Sayangnya, berfoto di dalam kabin pesawat seringkali dilarang oleh pihak maskapai penerbangan. Yang itu disebutkan akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan udara.

Namun tidak sedikit juga maskapai penerbangan yang memperbolehkan penumpangnya untuk berfoto dalam kabin pesawat. Yang tentunya harus mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh tiap-tiap maskapai penerbangan. Jika kamu ingin berfoto di dalam kabin pesawat, ikuti 5 tips mengambil foto dalam kabin pesawat yang aman dan nyaman berikut.

  1. Aktifkan airplane mode
    Saat berada di pesawat yang sudah take off, ada baiknya kamu menyalakan fitur airplane mode atau mode pesawat di ponselmu. Hal ini untuk mencegah terganggunya jalur komunikasi antara awak pesawat, sehingga tidak akan membahayakan keselamatan seluruh penumpang pesawat. Kamu wajib mengaktifkan fitur airplane mode apabila ingin berfoto menggunakan kamera ponsel dalam kabin pesawat.
  2. Perhatikan sekitar
    Apabila ingin berfoto dalam kabin pesawat, kamu harus memperhatikan sekitarmu. Pastikan orang lain seperti penumpang lain atau awak pesawat tidak ikut terfoto saat kamu sedang selfie. Ini dimaksudkan supaya tidak mengganggu kenyamanan penumpang pesawat lainnya. Terlebih jika kamu tak sengaja mengambil fotonya dalam keadaan yang memalukan, orang yang bersangkutan bisa saja menuntutmu. Sehingga saat berselfie, pastikan tidak ada wajah orang lain selain kamu sendiri dalam jangkauan kamera.
  3. Hindari berfoto menggunakan tongkat swafoto
    Mungkin sebagian maskapai penerbangan memperbolehkan penumpangnya membawa tongkat swafoto (selfie stick) ke kabin pesawat. Tapi sebagian besar maskapai akan melarang penumpangnya menggunakan tongkat swafoto saat berada di dalam kabin pesawat. Hal ini dimaksudkan supaya tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.
  4. Matikan flash kamera
    Saat kamu mengambil foto pemandangan dari jendela kabin pesawat, pastikan flash dalam keadaan mati. Karena di dalam pesawat pencahayaan lebih minim sehingga kamera akan otomatis menyalakan flash saat memotret. Flash dari kamera akan menciptakan pantulan cahaya di jendela dan menerangi bagian jendela kabin pesawat yang menjadikan pemandangan di luar pesawat akan terlihat buruk. Jika kamu ingin mengabadikan pemandangan di luar pesawat dari jendela kabin pesawat dengan sempurna, pastikan flash kamera dalam keadaan mati.
  5. Jangan mengambil foto awak pesawat dan badan pesawat
    Mungkin kamu menemukan awak pesawat yang cantik atau tampan dan ingin membagikannya di media sosial. Lebih baik jangan, karena hal ini termasuk bagian dari pelanggaran privasi. Memotret badan pesawat juga tidak diperbolehkan karena bersifat rahasia, dan jika tersebar, dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu terutama tindakan terorisme. Apabila kamu menemukan hal menarik dalam pesawat, sebaiknya jangan mendokumentasikannya dalam bentuk gambar atau video terlebih menyebarkannya di dunia maya.

Selain lima tips di atas, kamu juga harus memperhatikan kapan sebaiknya kamu mengambil gambar. Di saat pesawat sedang dalam keadaan tidak stabil seperti akan dan sedang take off atau landing, lebih baik tahan dulu keinginan kamu untuk berfoto. Berfotolah saat pesawat sudah dalam keadaan stabil dan perhatikan lima tips di atas.

Berfoto dalam kabin pesawat memang tidak dilarang, hanya saja kamu perlu mematuhi batasan-batasan yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan supaya keselamatan dan kenyamanan perjalanan udara tidak akan terganggu.