Search

5 Tips Memilih Kursi Kereta Api Saat Traveling

5 Tips Memilih Kursi Kereta Api Saat Traveling

Posisi tempat duduk adalah hal yang terpenting untuk menjaga kenyamaan di perjalanan. Sebab, di perjalanan bisa saja terjadi hal- hal yang tidak diinginkan jika kamu sampai salah memilih kursi kereta api. Maka dari itu, kamu wajib memilih kursi yang tepat.

Nah berikut ini merupakan beberapa tips memilih kursi kereta api agar travelingmu menyenangkan.

  1. Pesanlah tiket kereta api secara online sejak jauh-jauh hari
    Selain lebih mudah, memesan tiket kereta api secara online juga dinilai lebih cepat daripada harus bersusah payah untuk antre di loket. Nah untuk memperoleh kursi yang kamu inginkan, maka pesanlah tiket kereta api tersebut sejak jauh-jauh hari sebelum kamu berangkat traveling. Misalnya beberapa hari atau seminggu sebelumnya. Hal ini untuk mengantisipasi agar kursi kereta api yang akan kamu pilih belum dipesan oleh orang lain. Ini merupakan tips memilih kursi kereta api yang paling penting. Karena jika tips pertama ini gagal, maka tips lainnya juga pasti tidak akan berjalan lancar.
  2. Jangan memilih kursi yang berdekatan dengan bordes
    Bordes merupakan ruangan yang berada di dekat sambungan gerbong atau lorong kereta. Adanya getaran kursi yang letaknya berada di ujung gerbong atau bordes, semakin membuat kamu merasa tidak nyaman. Suara bising dan angin dari luar pun sering terdengar di ruangan ini ketika pintu terbuka. Bahkan toilet biasanya juga terletak di ruangan ujung gerbong atau bordes. Tentunya kamu tidak mau kan jika sampai mencium bau yang tidak sedap. Maka dari itu, tips memilih kursi kereta api yang tak kalah penting adalah dengan menghindari kursi yang berada di area ini.
  3. Perhatikan posisi AC
    Di saat melakukan kegiatan traveling, terutama bagi kamu yang akan melakukan perjalanan jauh, sangat disarankan agar lebih memperhatikan posisi AC. Tips memilih kursi kereta api pada poin ini adalah kamu wajib menghindari kursi kereta api yang berada tepat di bawah AC. Karena dinginnya AC yang berada langsung di atasmu sangat tidak baik bagi tubuh. Hindari juga kursi yang membelakangi AC secara langsung agar kamu tidak masuk angin.
  4. Pilihlah kursi yang posisi duduknya maju
    Saat kamu akan memesan tiket kereta api, maka pilihlah kursi yang posisi duduknya maju. Sebab, kereta api kelas ekonomi dan bisnis biasanya posisi tempat duduknya adalah berhadap-hadapan. Jika kamu memilih kursi dengan posisi mundur membelakangi laju kereta, maka kamu bisa saja merasa pusing dan mual-mual. Maka dari itu, pilihlah kursi yang posisinya searah dengan lajunya kereta atau posisi maju. Nah dengan tips memilih kursi kereta api ini, kamu pasti akan merasa nyaman dan tidak mudah capek saat traveling.
  5. Pilih kursi yang letaknya berdekatan dengan pintu keluar
    Meskipun kamu sudah memesan kursi yang tepat, masih ada satu tips lagi memilih kursi kereta api lainnya yang tak kalah penting. Yaitu jarak antara posisi kursi kamu dengan pintu keluar. Karena dengan memilih kursi yang berdekatan dengan pintu keluar, maka kamu bisa lebih mudah keluar dari kereta api daripada jauh harus rela antre berdesak-desakan dengan penumpang lain yang juga ingin mencapai pintu keluar. Pilihlah kursi yang berada di gerbong bagian tengah, karena di sanalah pintu keluar kereta api biasanya berada.

Itulah kelima tips memilih kursi kereta api saat kamu melakukan kegiatan traveling. Dengan beberapa tips tersebut, semoga perjalananmu menyenangkan.