Search

5 Tips Memilih Agen Travel Terpercaya untuk Liburan Keluarga

5 Tips Memilih Agen Travel Terpercaya untuk Liburan Keluarga

Seiring berkembangnya waktu, banyak agen travel yang menawarkan jasanya di berbagai tempat. Tidak heran, agen travel memang menjadi primadona dan sangat dibutuhkan traveler untuk mengatur perjalanan, transportasi, makanan serta hal-hal yang diperlukan dalam perjalanan. Dengan begitu, kamu dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata dengan mudah tanpa repot.

Sayangnya, memilih agen travel bukanlah tugas mudah. Sekarang banyak agen travel yang kurang berkompeten dalam memberikan pelayanan tidak berkualitas kepada para costumers. Untuk itu, ada beberapa tips memilih agen travel yang kami sajikan untuk membantu kamu mempertimbangkan agen travel untuk liburan bersama keluarga. Apa saja itu?

Berikut ini 5 tips memilih agen travel terpercaya untuk liburan keluarga yang bisa kamu gunakan saat memilih agen travel.

  1. Lakukan penelitian
    Sebelum melakukan perjalanan, kamu harus mencari travel agent yang tepat. Pilih perusahaan penyedia paket perjalanan sesuai dengan keinginan kamu. Kamu bisa mulai mencari melalui media sosial, browsing di internet, kamu juga bisa minta rekomendasi orang sekitar yang pernah menggunakan agen travel sesuai dengan spesialisasinya. Agen travel yang kamu pilih haruslah profesional. Agen perjalanan yang profesional dapat menjelaskan secara detail tempat yang akan kamu kunjungi. Agen travel yang baik akan berusaha membangun hubungan jangka panjang dengan kliennya, mereka tidak semata mengejar transaksi saat itu saja.
  2. Pilih travel agent yang memiliki jaringan luas
    Setelah melakukan penelitian, saatnya kamu memilih agen travel yang dipercaya. Pilih agen perjalanan yang sudah memiliki nama dengan reputasi yang baik dan memiliki jaringan yang luas. Kamu juga bisa menanyakan apakah agen travel yang akan kamu gunakan sudah masuk dalam asosiasi. Pastikan agen perjalananmu mempunyai jaringan kuat dengan industri pariwisata seperti maskapai penerbangan, jaringan hotel, kereta api, kapal pesiar, operator tur atau perusahaan rental mobil. Agen travel dengan jaringan luas mencerminkan agen tersebut kredibel.
  3. Jangan percaya iming-iming harga murah dan promo
    Harga murah, diskon, promo hingga iming-iming lainnya sering membuat banyak orang tergiur. Namun, kamu tetap harus mencermati aturan yang dibuat pemerintah untuk terhindar dari unsur penipuan. Lakukan tips memilih agen travel ini, jangan terbuai dengan iming-iming harga miring yang diberikan. Perhatikan kembali harga yang ditawarkan dengan fasilitas yang diberikan. Kamu juga harus mencermati rincian paket yang diberikan, mulai dari transportasi, akomodasi, logistik, lama perjalanan, hingga tur keliling. Pastikan fasilitas yang diberikan memadai dan tidak merepotkan.
  4. Baca testimoni pengguna layanan sebelumnya
    Selanjutnya, yang harus kamu cermati adalah membaca testimoni dari pengguna agen perjalanan tersebut. Kamu bisa saja menghubungi dan menanyakan secara pribadi kelebihan dan kekurangan agen travel yang akan kamu pilih untuk kenyamanan perjalananmu.
  5. Minta itinerary dan pastikan kelengkapan
    Jangan ragu untuk meminta itinerary kepada agen perjalanan yang sudah kamu pilih. Kemudian tanyakan apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama perjalanan berlangsung. Tanyakan pula apa yang akan kamu dapatkan dan tidak kamu dapatkan. Tanyakan apakah harga yang akan kamu bayarkan termasuk tiket masuk ketempat wisata atau tidak.

Jika sudah mendekati hari perjalanan, jangan lupa cek kembali kelengkapan perjalananmu dan tanyakan kepada agen perjalananmu kemungkinan kekurangan pada kelengkapan perjalananmu.

Itulah 5 tips memilih agen travel terpercaya untuk liburan keluarga. Memilih travel agen yang tepat adalah salah satu cara berlibur dengan tenang, terutama jika kamu ingin berwisata ke keluar negeri bersama keluarga.

Selamat berlibur!