Search

5 Tips Liburan di Daerah Wisata Bersuhu Dingin Seperti Pujon Malang

5 Tips Liburan di Daerah Wisata Bersuhu Dingin Seperti Pujon Malang

Berlibur khususnya ke daerah wisata bersuhu dingin seperti Pujon Malang, tentu perlu persiapan yang matang. Khususnya saat berlibur bersama keluarga yang menyertakan anak-anak serta bayi. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, supaya manfaat liburannya benar-benar terasa. Seperti memperhatikan 5 tips liburan berikut ini yang mungkin bisa membantumu.

  1. Pilihlah pakaian yang hangat
    Tips liburan yang pertama tentu adalah pemilihan pakaian yang tepat. Pakaian merupakan poin yang penting sekali dalam kegiatan liburan, terutama jika kamu ingin mengabadikan momen-momen berharga di lokasi wisata. Apabila destinasi wisata yang kamu pilih adalah tempat-tempat dingin seperti Pujon Malang, kamu wajib membawa baju-baju yang lebih hangat untuk melindungi tubuh dari udara dingin. Seperti membawa jaket, sweater, kaus kaki, serta celana atau rok yang berbahan agak tebal dan panjang. Pilihlah pakaian yang modis namun hangat, sehingga kamu tidak akan sakit, dan penampilan kamu tetap modis selama liburan.
  2. Persiapkan obat-obatan pribadi
    Tips liburan yang kedua adalah mempersiapkan obat-obatan untuk pribadi, dan anak-anak apabila bersama keluarga. Menyiapkan obat-obatan merupakan salah satu tindak pencegahan apabila kamu, atau keluarga ada yang tidak kuat dengan paparan udara dingin. Selain itu kamu juga harus siap sedia membawa barang-barang seperti balsam, koyo, minyak kayu putih, untuk menghangatkan tubuh saat udara terlalu dingin. Kebutuhan seperti sarung tangan dan masker juga wajib ada untuk menjaga temperatur tubuh tetap hangat.
  3. Pelembab
    Terpapar udara dingin secara terus menerus akan membuat kulit menjadi kering bahkan sampai pecah-pecah. Yang tentunya akan sangat mengganggu momen liburan yang seharusnya menyenangkan. Maka, tips liburan yang ketiga adalah membawa pelembab. Tips liburan yang ketiga ini tidak hanya berlaku untuk perempuan saja, tapi laki-laki juga disarankan sebaiknya membawa pelembap selama liburan supaya kulit tetap terjaga kelembapannya. Pelembab sendiri terdiri dari tiga macam, yaitu pelembab khusus wajah, pelembab khusus bibir seperti lip balm, serta pelembab khusus tubuh. Pilihlah sesuai kebutuhanmu, membawa ketiganya sekaligus justru lebih baik.
  4. Menjaga konsumsi air putih
    Berwisata ke daerah dingin mungkin akan membuat kamu menjadi jarang haus sehingga kamu akan lebih sedikit mengonsumsi air putih. Ini sebenarnya adalah tindakan yang salah, karena meski berada di daerah dingin, tubuh tetap memerlukan asupan air putih yang tepat. Tips liburan selanjutnya adalah menjaga konsumsi air putih minimal 2 liter per hari. Walau nantinya kamu akan jarang berkeringat dan sebagai gantinya menjadi sering buang air kecil, tak masalah selama metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik. Menjaga konsumsi air putih juga penting sekali supaya tubuh tetap terhidrasi dan segar selama melakukan kegiatan liburan.
  5. Mandi air hangat dan lain-lain
    Selain masalah pakaian, obat-obatan, pelembab, konsumsi air putih, tips liburan di daerah dingin selanjutnya adalah memperhatikan hal-hal kecil. Di antaranya mandi menggunakan air hangat, memakai selimut yang tebal atau ekstra selimut saat tidur, tidak berada di luar ruangan terlalu lama saat malam datang, mengurangi penggunaan AC, dan mengonsumsi vitamin. Hal-hal tersebut penting supaya tubuh tetap hangat sehingga tubuh mampu menolak virus-virus penyakit dari luar. Terutama jika membawa anak-anak dan bayi yang tubuhnya masih sangat rentan terhadap penyakit khususnya di tempat dingin.

Itulah 5 tips liburan di daerah wisata bersuhu dingin seperti Pujon Malang yang sekiranya akan bermanfaat untuk kamu yang sedang merencanakan liburan di daerah dingin.