Search

5 Tempat Wisata Danau Sulawesi Tengah yang Cantik dan Unik

5 Tempat Wisata Danau Sulawesi Tengah yang Cantik dan Unik

Sudah pernah ke Sulawesi Tengah? Atau ingin berlibur ke sana? Jika iya, pilihanmu sangat tepat. Sulawesi Tengah memiliki banyak sekali tempat wisata yang seru untuk dikunjungi. Kebanyakan tempat wisatanya berupa alam yang memyuguhkan pemandangan alam indah serta hewan-hewan khas Sulawesi Tengah.

Namun, ada beberapa wisata danau Sulawesi Tengah yang cantik dan unik untuk kamu datangi. Bahkan beberapa di antaranya masih tersembunyi loh!

Jika kamu ingin mendapatkan rekomendasi danaunya. Yuk langsung saja simak beberapa rekomendasinya di bawah ini! Jangan lupa baca sampai habis ya!

  1. Danau Poso yang menakjubkan
    Yang pertama ada Danau Poso. Danau Poso tidak seperti danau pada umumnya karena memiliki hamparan pasir yang putih bersih. Pasir putih yang sama seperti pasir pantai ini sampai menutupi tepi danau. Danau dengan panjang sekitar 32 km dan lebar 16 km, serta titik kedalaman sekitar 510 meter ini menjadikannya salah satu danau paling dalam di Indonesia, serta menjadi danau terbesar ke-3 di Indonesia. Danau Poso memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Danau ini dikelilingi oleh hamparan perbukitan dan area hutan hijau asri. Kamu dapat merasakan sejuknya udara di tempat ini, seraya menikmati pemandangan yang sangat indah. Bagi kamu yang ingin menyusuri perairannya, di sini sudah disediakan perahu motor di tepi danau yang khusus untuk disewakan, dari sini kamu bisa melihat ikan Sugili yang saat ini populasinya hampir punah dan di sebagian tempat, kamu juga bisa menjumpai beberapa kumpulan batu besar unik yang muncul dari dalam danau seperti sebuah kompleks batu yang terapung di atas permukaan air.
    Hal lain yang tak kalah menarik adalah pemandangan di sekeliling danau, di sana kamu bisa melihat kehidupan masyarakat sekitar yang sedang menjalankan aktifitas sehari-hari seperti, memancing, menjala ikan, serta budidaya ikan. Di salah satu sisi Danau Poso, juga terdapat konservasi Anggrek terbesar yang ada di Indonesia yaitu Taman Wisata Alam Bancea. Di taman ini, kamu dapat menikmati langsung keindahan bunga anggrek dari berbagai macam jenis. Salah satunya, adalah anggrek hitam yang tergolong langka. Bagi kamu yang ingin menginap, tenang saja. Karena di sini, sudah tersedia beberapa fasilitas penginapan seperti, homestay, wisma, hotel sampai rumah makan pun ada.
  2. Danau Lewuto yang mengagumkan
    Berlibur ke wilayah Palu di Sulawesi Tengah akan menjadi pengalaman menyenangkan dengan mengunjungi tempat wisata berbentuk pantai, danau, teluk dan pegunungan. Belakangan ini, area di tengah pulau Sulawesi ini begitu mengagumkan karena tingkat perkembangan pariwisatanya. Apabila kamu berangkat dari Jakarta, maka penerbangan akan langsung menuju ke wilayah Palu yang hanya membutuhkan waktu 2 jam. Dominasi penerbangan juga akan lebih banyak apabila kamu transfer ke Sulawesi Selatan. Maka dari itu, banyak pengunjung yang menggabungkan jadi satu sekaligus rute antara mengunjungi tempat wisata Makassar dengan yang ada di Palu, Sulawesi Tengah.
  3. Danau Lindu
    Danau Lindu adalah wisata danau Sulawesi Tengah yang berada di daerah Kabupaten Sigi dan merupakan danau terbesar ke 2 yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah setelah Danau Poso. Daerah yang ada di sekitar Danau Lindu disebut Dataran Lindu yang dikelilingi oleh punggung pegunungan sehingga sulit untuk dijangkau oleh kendaraan beroda dua. Yang unik dari Danau Lindu adalah daya tarik Hutan Wisatanya, keindahan pemandangan pegunungan dan panorama danau, khususnya bagi wisatawan yang berjalan kaki atau pendaki gunung. Danau ini terkenal dengan banyaknya ikan dan menjadi habitat dari berbagai macam jenis flora dan fauna. Danau Lindu memiliki luas sekitar 3.488 ha dan terletak di ketinggian sekitar 1.000 meter dpl. Di Danau Lindu juga seringkali mengadakan acara tahunan yang biasa dikenal dengan Festival Danau Lindu.
    Bagi penyuka fotografi, tempat ini menjadi sangat tepat. Pemandangan alamnya sungguh mempesona. Tempat ini juga cocok bagi penikmat seni budaya. Kita benar-benar bisa menikmati pesona berada dalam negeri di tengah belantara.
  4. Danau Paisu Pok
    Nah, ini dia danau yang tergolong masih tersembunyi dan belum banyak terjamah oleh manusia. Danau Paisu Pok adalah sebuah kolam alami yang cantik dengan air berwarna kebiruan super jernih. Dari namanya, Paisu Pok yang artinya air hitam sebenarnya karena keadaan warna air di sekitar danau yang hampir menghitam disebabkan oleh pantulan dari rumput yang tumbuh di bagian dasar air sehingga warnanya terlihat biru lebih gelap.
    Air kolam ini merupakan hasil dari perpaduan dari air asin dan tawar yang unik. Bukan hanya sejarah keberadaannya yang menjadi daya tarik utama Dan Paisu Pok. Kondisi air yang super jernih adalah alasan utamanya. Saking bening airnya, kamu bisa melihat isi dalam kolam bahkan dengan mata telanjang sekalipun. Ketika sudah berada di sana, jangan hanya berselfie ria aja. Kamu tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk bermain air, berenang, terjun bebas dari tebing atau bersantai ria di atas ban pelampung, kan?
    Hal unik lain yang perlu kamu ketahui dari surga dunia cantik ini adalah tempatnya yang dikelilingi oleh hutan asri dan jauh dari padatnya kota. Jauh dari udara polusi dan dikelilingi pohon rindang yang tumbuh di sekitar kolam cantiknya. Bayangkan saja betapa sejuknya udara di sana. Cocoklah didatangi oleh kamu yang benar-benar ingin menikmati nuansa liburan berdekatan dengan alam sekitar. Pikiran dan tubuh akan kembali segar deh setelah kembali dari sana.
  5. Danau Sibili
    Danau Sibili adalah salah satu tempat wisata di kota Palu yang masih alami belum banyak dikunjungi wisatawan oleh karena itu, tempat ini masih memiliki pemandangan alam yang indah dan asri. Danau yang letaknya agak tersembunyi ini mempunyai keindahan dengan dikelilingi perbukitan eksotis. Keindahan Danau Sibili akan semakin sempurna saat memasuki senja hari. Saat itu tiba, kita bisa melihat berbagai jenis burung berterbangan mengelilingi danau serta gerombolan burung bangau putih yang mencari makan di danau setiap sorenya.
    Di wisata danau Sulawesi Tengah ini, ada juga beberapa jenis ikan tawar seperti ikan mas, gabus, lele, sampai ikan mujair yang berukuran cukup besar, tetapi seiring aktifitas penangkapan ikan yang dilakukan penduduk sekitar, jumlah ikan di danau sibili mulai mengalami penurunan. Walaupun secara ukuran danau ini tidak terlalu besar, tetapi airnya tidak pernah kering meski saat musim kemarau sekalipun, hingga saat ini masyarakat juga belum tahu pasti dari mana sumber air danau tersebut. Jika berkunjung ke Danau Sibili ini, kamu bisa menikmati suasana tenang dan damainya air, sambil memancing atau sekedar menikmati pemandangan hijau nan cantik dari kejauhan.

Demikian, beberapa rekomendasi tempat wisata danau di Sulawesi Tengah yang cantik dan unik. Dari 5 rekomendasi danau di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Semoga artikel ini membantu untuk memberikan info tempat yang cantik sekaligus unik untuk berlibur. Selamat mencoba!