Search

5 Jenis Wisatawan Paling Menyebalkan Ini Harus Kamu Hindari

5 Jenis Wisatawan Paling Menyebalkan Ini Harus Kamu Hindari

Saat kamu berlibur ke suatu tempat wisata, kamu pasti akan menemui berbagai jenis wisatawan, entah dari dalam negeri atau mancanegara. Termasuk jenis wisatawan paling menyebalkan, yang membuat kamu gemas wisatawan paling menyebalkan ini, hingga polisi harus turun tangan untuk menangkap mereka, bahkan parahnya ada juga yang sampai dideportasi dari negara tujuan wisata.

Apabila kamu ingin berwisata ke suatu tempat di dalam maupun luar negeri, kamu harus menghindari menjadi 5 jenis wisatawan paling menyebalkan berikut ini.

  1. Mencuri
    Di mana pun kamu berada, mencuri tetap merupakan tindakan yang sangat tidak terpuji. Terlebih saat sedang berwisata. Apa pun alasannya kamu tidak boleh mengambil barang tanpa seizin pemiliknya. Tindakan ini akan menjadikan kamu sebagai salah satu jenis wisatawan paling menyebalkan, selain akan merugikan orang lain, kamu juga akan berurusan dengan pihak berwenang.
  2. Mencoret-coret properti
    Jenis wisatawan paling menyebalkan selanjutnya adalah mereka yang gemar mencoret-coret properti di tempat wisata. Seperti menuliskan nama di bangunan bersejarah seperti Tembok Besar China. Seorang mantan pemain NBA bernama Bobby Brown pernah ditangkap karena menuliskan namanya di bangunan bersejarah negara China tersebut. Tidak mau kan hal yang serupa terjadi pada kamu juga? Maka kamu harus menghindari tindakan ini sebagai bentuk turut serta menjaga keindahan tempat wisata.
  3. Membuang sampah sembarangan
    Ini salah satu tindakan yang kelihatannya sepele tapi dampaknya besar sekali apabila dilakukan. Di Indonesia, sanksi terhadap tindakan ini masih sering hanya menjadi omong kosong belaka. Jika kamu berwisata ke luar negeri, kamu harus lebih berhati-hati dalam membuang sampah sembarangan atau kalau tidak kamu harus siap membayar jumlah denda yang cukup besar. Semisal di Singapura, yang memberi sanksi sebesar 500 dollar Singapura atau setara dengan 5 juta rupiah jika ketahuan membuang sampah sembarangan. Inilah salah satu jenis wisatawan paling menyebalkan yang harus kamu hindari.
  4. Meneror binatang setempat
    Kamu mungkin sering menemukan turis yang seenaknya sendiri memperlakukan binatang saat sedang mengunjungi tempat wisata seperti kebun binatang. Sebagian besar pelaku melakukannya sebatas untuk kebutuhan berfoto, yang pastinya itu akan membuat kamu sebal melihatnya. Itulah jenis wisatawan paling menyebalkan yang harus kamu hindari. Jangan sampai kamu berwisata yang berujung musibah bagi makhluk hidup lainnya. Terlebih melakukannya hanya sebatas untuk pamer di media sosial. Kamu sebagai wisatawan harus ikut menjaga kelestarian binatang-binatang tersebut.
  5. Mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar
    Saat kamu berwisata, hal paling penting yang harus kamu perhatikan adalah masyarakat sekitar tujuan wisatamu. Entah dalam maupun luar negeri, kamu harus menaati serta menghargai peraturan yang telah dibuat di tempat tersebut. Beda daerah, beda budaya. Ada baiknya sebelum berwisata ke suatu tempat, kamu mempelajari peraturan serta budaya di daerah tersebut. Jangan menjadi jenis wisatawan paling menyebalkan seperti bertingkah seenak hati, membanding-bandingkan apalagi hingga merusak lingkungan. Bersenang-senang boleh, tapi perhatikan juga sikapmu saat berwisata.

Itulah 5 jenis wisatawan paling menyebalkan yang harus kamu hindari saat sedang berwisata. Biar bagaimanapun berwisata harus memperhatikan serta menaati peraturan-peraturan yang ada di destinasi wisata. Selain supaya tidak merusak tempat dan mengganggu wisatawan lainnya, menjaga sikap juga akan memberikan menjauhkan kamu dari masalah yang lebih besar.

Selamat berwisata.